-pengaruh lempeng eurasia, lempeng pasifik dan lempeng indo-australia terhadap indonesia adalah…..

Posted on

-pengaruh "Ring of Fire" terhadap indonesia adalah…..

-pengaruh sirkum mediterania dan sirkum pasifik terhadap indonesia adalah…..

mohon bantuannya.

KALO NGGAK BISA/TIDAK TAHU SALAH SATU, JANGAN MENJAWAB DAN TIDAK USAH ALASAN "Maaf kak, kepencet/salah ketik"​

-pengaruh lempeng eurasia, lempeng pasifik dan lempeng indo-australia terhadap indonesia adalah…..

Jawaban:

2.Sebagai resiko berada di ring of fire, maka tak heran gunung berapi yang masih aktif di Indonesia meletus. Gunung berapi yang meletus ini juga memiliki rangkaian yang panjang dampaknya, mulai dari debu vulkanik, gempa tektonik, hingga lahar panas dan dingin.

3.Sirkum pasifik dan mediterania adalah jajaran pegunungan berapi yang terdapat sepanjang pertemuan antarlempeng di kerak bumi. Sirkum Pasifik adalah jajaran pegunungan berapi yang terdapat antara pertemuan Lempeng Pasifik dengan Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, Lempeng Antartika, dan Lempeng Amerika. Sirkum Mediterania adalah jajaran pegunungan berapi yang terdapat antara pertemuan Lempeng Eurasia dengan Lempeng Afrika dan Lempeng Indo-Australia.

Jajaran pegunungan berapi memiliki beberapa dampak, baik positif maupun negatif.

Positifnya adalah:

1) Abu vulkanik dan berbagai material sejenis yang dihasilkan dari aktivitas vulkanisme sangat membantu menyuburkan kawasan di sekitar pegunungan tersebut.

2) Di daerah vulkanisme biasanya terdapat bahan galian tambang mineral-mineral berharga karena disanalah tempat pembentukan mineral-mineral berharga.

3) Kenampakan-kenampakan alam (mata air panas, kaldera, dll) menjadi objek wisata yang menguntungkan manusia.

Negatifnya adalah:

1) Jika meletus, dapat menimbulkan bencana bagi manusia seperti: lahar panas, lahar dingin, awan panas, ekshalasi (semburan gas), hujan batu, dan lain-lain.

2) Semburan gas itu terbagi tiga yang kesemuanya dapat berbahaya bagi manusia yaitu: Solfatar (mengandung sulfat), Mofet (mengandung karbon dioksida), dan Fumarol (mengandung uap air)

Penjelasan:

cuma ini yang aku tahu maaf kalau salah tolong hargai usahaku ya Kak Jika benar kasih jawaban terbaik