Tuliskan Contoh modal pasif dalam perencanaan bisnis

Posted on

Tuliskan Contoh modal pasif dalam perencanaan bisnis

Modal pasif dapat dibedakan antara modal asing dan modal sendiri. Modal sendiri atau sering disebut modal badan usaha ialah modal yang berasal dari perusahaan sendiri (cadangan/laba), atau berasal dari pemilik modal/peserta (modal saham) dan lain-lain. Modal inilah yang menjadi tanggungan terhadap semua resiko dan secara yuridis. Modal inilah yang menjadi jaminan untuk para kreditor. Modal asing atau disebut modal kreditor adalah modal yang dikeluarkan oleh para kreditor, yang merupakan sebuah utang bagi perusahaan.
Namun, menurut jangka waktu penggunaannya, modal pasif dapat dibedakan menjadi modal jangka panjang (baik jangka waktunya tertentu atau tidak tertentu) dan modal jangka pendek (baik tertentu maupun tidak tertentu waktunya).
Contoh
❄Modal jangka panjang yang tentu waktunya, misalnya, berupa obligasi dan hipotik yang tertanam dalam perusahaan dalam jangka waktu yang lama, namun terbatasi oleh jangka waktu jauhnya. Modal jangka panjang yang tidak tentu waktunya, misalnya, berupa modal perusahaan induk dan modal saham, dimana modal ini akan tertanam selama hidup perusahaannya.
❄Modal jangka pendek yang tertentu waktunya, misalnya kredit wesel dari penjual, kredit dari pembeli dan sebagainya. Sedangkan modal jangka pendek yang tidak tertentu waktunya, misalnya kredit rekening koran.