Tingkatan-tingkatan dalam ekosistem disebut​

Posted on

Tingkatan-tingkatan dalam ekosistem disebut​

Jawaban:

organisasi kehidupan

Penjelasan:

maaf kalo salah

Jawaban:

organisasi kehidupan atau taksonomi

Penjelasan:

Molekul → merupakan tingkatan yang didasarkan bahwa setiap mahluk hidup tersusun oleh molekul organik sebagai dasar penyusunnya. Molekul organik (biomolekul) yang kompleks pada mahluk hidup contohnya seperti asam nukleat (DNA dan RNA), protein, karbohidrat,lemak dan vitamin. Molekul organik berfungsi untuk mengontrol struktur dan fungsi tiap komponen-komponen sel.

Organel → bagian penyusun dari sel yang tersusun dari berbagai macam molekul organik yang memiliki fungsi berbagai macam. Contoh organel sel adalah mitokondria yang berperan dalam menghasilkan energi, ribosom berperan dalam sintesis protein, badan golgi berperan dalam ekskresi sel, dan retikulum endoplasma berperan dalam transportasi dalam sel.

Sel → merupakan unit satuan terkecil yang struktural, fungsional, serta hereditas yang menyusun tubuh makhluk hidup secara kompleks. Makhluk hidup ada yang bersel satu seperti bakteri, protozoa, dan alga melakukan aktivitas metabolismenya dengan sebuah sel saja, dan ada yang bersel banyak seperti tumbuhan dan hewan memiliki sel dengan berbagai bentuk dan fungsi yang berbeda-beda.

Jaringan → merupakan kumpulan dari beberapa sel yang memiliki bentuk, ciri , dan fungsi yang sama untuk menjalankan aktivitas. Jaringan berperan membentuk struktur dasar pada bagian tubuh mahluk hidup. Contoh organisasi kehidupan tingkat jaringan adalah jaringan epitel, jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan ikat yang terdapat pada jaringan hewan. Sedangkan pada jaringan tumbuhan terdapat  jaringan meristem, jaringan epidermis, dan jaringan pengangkut.

Organ → merupakan kumpulan jaringan yang memiliki bentuk dan ciri yang berbeda namun memiliki fungsi yang umumnya sama untuk menunjang aktivitas organ. Contoh organisasi tingkat organ adalah organ hewan berupa jantung, paru-paru, lambung, ginjal, mata, dll. Organ tumbuhan berupa akar, daun, batang, bunga.

Sistem organ → merupakan kumpulan dari beberapa organ yang saling bekerja sama menjalankan beberapa proses untuk keberlangsungan aktivitas suatu individu. Contoh tingkatan organisasi kehidupan sistem organ adalah sistem organ hewan berupa sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem reproduksi. Sistem organ tumbuhan berupa sistem transportasi, sistem transpirasi.

Organisme/Individu → suatu satuan mahluk hidup yang tersusun secara kompleks dengan berbagai macam sistem tubuh yang saling mendukung. Individu akan menerima dukungan dari tingkatan molekul hingga sistem organ untuk dapat hidup dan berinteraksi dengan lingkungannya. Invividu ini dapat berupa satu orang, satu hewan, atau satu organisme yg berdiri sendiri.

Populasi → merupakan kumpulan dari individu sejenis yang secara bersama menempati suatu habitat yg sama dalam waktu yang sama juga. Contoh tingkatan populasi yaitu sekumpulan manusia di suatu desa/kota, sekumpulan gajah di padang rumput, dan sekumpulan padi di sawah.

Komunitas → merupakan kumpulan beberapa populasi dari berbagai spesies yang menempati habitat sama dalam waktu yang sama. Contohnya di sawah terdapat populasi padi, populasi belalang, populasi semut, populasi alga hijau, dan lainnya. Tiap komunitas terdapat interaksi pada antar populasinya

Ekosistem → merupakan hubungan timbal balik antara komponen biotik (mahluk hidup) dengan abiotik yang saling berinteraksi membentuk kondisi tertentu. Contoh ekosistem yakni ekosistem sungai, ekosistem pantai, ekosistem hutan, ekosistem sawah, ekosistem tambak.

Bioma → merupakan kumpulan ekosistem yang melingkupi wilayang yang luas yang pada umumnya dipengaruhi oleh iklim regional sehingga terdapat tumbuhan dan hewan khas yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Contoh bioma adalah gurun, padang rumput, tundra, taiga, hutan gugur, hutan hujan tropis.

Biosfer → merupakan lapisan bumi yang di dalamnya terdapat seluruh kehidupan tempat seluruh makhluk hidup dapat hidup, tumbuh, dan berkembang.