Contoh tindakan ekonomi

Posted on

Contoh tindakan ekonomi

Sponsors Link
Proses ekonomi tidak pernah lepas dari masyarakat dan akan selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari terdiri dari berbagai hal, mulai dari hal kecil hingga besar. Tidak dipungkiri bahwa untuk bertahan hidup, masyarakat juga memerlukan proses perekonomian. Adanya tindakan ekonomi itulah membuat masyarakat mampu bertahan hidup. Sebagai tahap awal, tindakan ekonomi biasanya diperlakukan kepada anak-anak sejak dini. Melalui cara tersebut membuat anak-anak mampu menjalankan perekonomian sampai masa mendatang. Selain diterapkan kepada anak-anak, tindakan ekonomi juga perlu diperlakukan di dalam rumah tangga, mengingat rumah tangga juga tidak pernah lepas dari faktor ekonomi.

Perekonomian tidak selalu terbentuk langsung besar, tindakan-tindakan kecil juga mampu mendorong perekonomian berjalan lancar, seperti dalam kehidupan sehari-hari. Setiap individu atau lembaga pasti memiliki kebutuhan dan cara perencanaan perekonomian masing-masing. Kegiatan ekonomi sehari-hari juga bukan dijalankan oleh individu atau rumah tangga, tetapi suatu lembaga, pemerintah, sampai negara juga melakukan tindakan ekonomi sehari-hari.

Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi atau bisa disebut juga sebagai pelaku ekonomi dalam kehidupan sehari-hari bisa terdiri atas 5 macam, yakni:

Tindakan ekonomi perorangan
Setiap individu memiliki kebutuhan perekonomian masing-masing. Di dalam kehidupan sehari-hari juga terjadi berbagai transaksi atau tindakan ekonomi. Faktor terjadinya proses ekonomi pada diri seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Faktor internal terjadi memang atas kebutuhan pribadi, sedangkan faktor eksternal terjadi karena manusia merupakan makhluk sosial. Tindakan ekonomi perorangan juga bisa dikatakan sebagai makhluk ekonomi.

(baca juga: Cara Lolos Interview Kerja)

Contoh dari tindakan ekonomi perorangan ialah, ketika seseorang membutuhkan sesuatu baik itu makanan atau barang. Ketika seseorang pulang setelah menghadiri rapat, kemudian di jalan merasa lapar dan berhenti di restaurant untuk makan terlebih dahulu. Tindakan ini merupakan tindakan ekonomi sehari-hari yang dilakukan perorangan. Contoh lain, ketika seorang pelajar membutuhkan sepatu maka berusaha untuk memilikinya, entah itu dengan cara meminta uang kepada orang tua ataupun menyisihkan sebagian uang sakunya sampai terkumpul. Setelah itu, uang tersebut dibelikan sepatu dan dipakainya untuk ke sekolah setiap hari atau untuk pergi bermain.

Dari dua contoh tindakan ekonomi tersebut merupakan tindakan ekonomi perorangan sehari-hari. Kebutuhan tersebut dapat terpenuhi dengan proses ekonomi dan dalam rangka untuk memberi manfaat kepada diri sendiri.

(baca juga: Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan)

Tindakan ekonomi sehari-hari di dalam keluarga
Tindakan ekonomi ini lebih mengarah pada ruang lingkup yang lebih luas, yaitu keluarga. Dalam mempertahankan keluarga agar tetap hidup pasti membutuhkan tindakan ekonomi. Contoh tindakan ekonomi dalam keluarga misalnya:

sponsored links
Penghasilan keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Ayah yang berperan sebagai kepala keluarga tentu saja bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Ayah yang bekerja pada perusahaan tertentu memberikan sumber daya untuk memberi dedikasi perusahaan tersebut. Imbalan yang diberikan oleh perusahaan berupa upah penghasilan. Upah penghasilan itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. Tindakan tersebut merupakan tindakan ekonomi sehari-hari yang terjadi di dalam keluarga.
Seorang ibu belanja rutin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Peran ibu untuk memenuhi kebutuhan keluarga pasti membutuhkan tindakan ekonomi. Ketika mendapatkan uang bulanan, ibu pasti akan membagi berbagai kebutuhan keluarga untuk satu bulan ke depan. Melakukan belanja makanan yang dikonsumsi oleh keluarga secara rutin merupakan tindakan ekonomi di dalam keluarga.
(baca juga: Cara Bisnis Online Shop Bagi Pemula Agar Sukses)

1.tindakan ekonomi perorangan
 contohnya: ketika seorang pelajar membutuhkan sepatu,maka ia berusaha untuk memilikinya misalnya dengan meminta uang kpd orang tua ataupun minyisihkan uang jajan nya untuk dikumpulkan tuk membeli sepatu.
2.tindakan ekonomi dalam keluarga
contohnya: seorang ibu belanja rutin untuk kebutuhan pokok sehari hari keluarganya. ia harus pandai mengatur keuangan supaya cukup dan keperluan keluarga agar terpenuhi.
3.tindakan ekonomi dilingkungan masyarakat.
contohnya: peneydiaan barang pangan kebutuhan sehari hari dikoperasi merupakan kegiatan ekonomi dlm lingkungan masyarakat.
4. tindakan ekonomi lembaga pemerintah.
contohnya: adanya pembagian beras raskin untuk masyarakat kecil
5.tindakan ekonomi antar negara.
contohnya: kerjasama ASEAN,dll