Bagaimana proses terbentuknya bumi hingga bisa ditempati manusia

Posted on

Bagaimana proses terbentuknya bumi hingga bisa ditempati manusia

Menurut teori big bang, puluhan milyar tahun yang lalu ada sebuah gumpalan kabut raksasa yang berputar pada porosnya. Gumpalan kabut raksasa tersebut berputar sangat cepat sehingga menyebabkan bagian – bagaian kecil dan ringan dari kabut tersebut terlempar ke luar sedangkan bagian – bagian besar yang berat terkumpul pada pusat dan membentuk sebuah cakram raksasa.

Cakram tersebut terus berputar dan berputar hingga pada suatu saat, cakram itu meledak di luar angkasa dengan amat sangat dahsyat. Kemudian hasil dari ledakan tersebut membentuk nebula-nebula dan galaksi.

Selama dalam jangka waktu sekitar 4,6 milyar tahun, nebula-nebula yang melayang – layang di angkasa tersebut menjadi beku kemudian membentuk sebuah galaksi yang dikenal dengan nama Galaksi Bima Sakti. Setelah itu, terbentuklah sistem tata surya.

Sementara itu, bagian – bagian ringan yang terlempar ke luar dari gumpalan kabut raksasa tersebut mengalami kondensasi dan kemudian membentuk gumpalan-gumpalan yang selanjutnya akan mendingin dan menjadi padat. Setelah itu, gumpalan-gumpalan yang telah dingin dan padat itu membentuk planet-planet, termasuk planet yang kita tempati saat ini yaitu bumi.

Pada awalanya bumi masih berupa planet mentah yang kemudian mengalami proses perubahan secara bertahap hingga menjadi planet seperti saat ini. Sebelum menjadi seperti saat ini, Bumi mengalami tiga tahap proses pembentukan bumi, yaitu:

Bumi pada awalanya masih berupa planet yang homogen dan belum mengalami perbedaan unsur – unsur dan pelapisan. Kemudian, bumi mengalami pembentukan lapisan struktur bumi yang dimulai dengan terjadinya diferensiasi. Material besi yang memiliki berat jenis lebih besar akan tenggelam, sedangkan unsur – unsur yang berat jenisnya lebih ringan akan bergerak ke atas permukaan. Setelah itu, bumi terbagi menjadi lima lapis yang tersusun dari luar hingga ke paling dalam, yaitu kerak bumi, mantel luar, mantel dalam, inti luar, dan inti dalam. Kemudian setelah bermilyar – milyar tahun lamanya bumi dipenuhi unsur – unsur penyokong kehidupan lainnya, seperi air, udara, dan lain – lain sehingga terbentuklah bumi yang bisa kita tinggali hingga saat ini.

SEMOGA MEMBANTU:)

Bumi terbentuk melalui akresi dari nebula matahari dan dari pelepasan vulkanik menciptakan atmosfer. terbentuk dari lapisan lapisan bumi seperti atmosfer,biosfer dan litosfer juga terdiri lapisan ozon untuk mencegah radiasi. di bumi juga terdapat berbagai macam mineral yg bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. maaf kalau salah ya…