Sebutkan jelaskan dengan contoh empat macam tujuan MSDM ?

Posted on

Sebutkan jelaskan dengan contoh empat macam tujuan MSDM ?

Jawaban:

Melihat pentingnya peran SDM di perusahaan, maka perlu adanya suatu cara untuk membuat karyawan dapat diberdayakan secara efektif dan efisien. Cara itulah yang disebut dengan manajemen sumber daya manusia atau SDM.

Untuk mengetahui manajemen SDM, Rabu (16/1/2019) kali ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang tujuan manajemen sumber daya manusia sebagai bagian kesuksesan perusahaan.

2 dari 4 halaman

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Dalam dunia manajemen terdapat beberapa tujuan manajemen sumber daya manusia sesuai dengan fungsi dan peran. Sebelum membahas tujuan manajemen sumber daya manusia, sebaiknya pahami dahulu pengertiannya.

Manajemen Sumber Daya Manusia atau disingkat MSDM adalah upaya mengatur sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi. MSDM adalah bagian penting dalam berdirinya perusahaan yang sukses.

Menurut Achmad S. Rucky manajemen sumber daya manusia adalah bentuk aplikasi yang tepat dalam efesiensi. Hal itu berkaitan dengan pemanfaatan, akusisi, pengembangan dan pemeliharaan SDM yang dipunyai pelh organisasi untuk mencapai tujuannya. Achmad S. Rucky adalah seorang penulis bidang manajemen dan pernah menduduki posisi Komisaris Utama di sebuah BUMN.

Sementara itu, menurut Henry Semamora, penulis buku Manajemen Sumber Daya Manusia (2004), manajemen sumber daya manusia adalah pemanfaatan, pengembanagan, pelayanan, penilaian dan manajemen pembalasan utuk individu yang merupakan anggota organisasi kerja.

Jadi secara umum, manajemen sumber daya manusia adalah potensi yang merupakan aset dan berfungsi sebagai modal (non material/non finansial) di dalam organisasi bisnis. Hal itu bisa diwujudkan menjadi potensi nyata (real) secara fisik dan non fisik dalam mewujudkan eksistensi