komoditas apakah yang dapat dikembangkan di negara Jepang dengan memperhatikan kondisi fisik wilayahnya tolong minta jawabannya​

Posted on

komoditas apakah yang dapat dikembangkan di negara Jepang dengan memperhatikan kondisi fisik wilayahnya tolong minta jawabannya​

Jawaban:

Komoditas yang dapat dikembangkan di Jepang dengan memperhatikan kondisi fisik wilayahnya adalah:

1. Padi

2. Ikan

3. Produk Industri

Pembahasan:

Jepang adalah negara yang terletak di Asia Timur. Jepang berada di timur lepas pantai Semenanjung Korea. Jepang adalah negara kepulauan dengn 4 pulau terbesar yaitu Honshu, Hokkaido, Kyushu dan Shikoku.

Kondisi kepulauan Jepang ditandai dengan pegunungan dan banyaknya gunung berapi. Yang paling terkenal adalah Gunung Fuji dengan ketinggian 3776 m. Abu dari letusan gunung-gunung berapi ini membuat banyaknya tanah volkanik di Jepang. Tanah ini sangat subur dan cocok untuk bertanam padi. Jepang memiliki lebih dari 2 juta lahan pertanian padi, menghasilkan hingga 8 juta ton beras.

Bentuk geografi Jepang yang berupa kepulauan membuatnya memiliki potensi perikanan yang besar. Potensi ini ditambah dengan lokasi Jepang sebagai pertemuan antara arus dingin Oyashio dari Kutub Utara, dan arus panas Kuroshio dari Samudera Pasifik. Pertemu kedua arus ini membuat perairan sekitar Jepang menjadi kaya dengan alga dan plankton, sumber makanan ikan. Ini membuat lautan sekitar Jepang menjadi lahan penangkapan ikan yang menghasilkan produksi besar. Ikan yang ditangkap umumnya adalah ikan Tuna.

Bentuk geografi Jepang yang bergunung-gunung membuat banyaknya air terjun dan sungai curam di Jepang. Kondisi ini mebuat banyak potensi pembangkit listrik dan industri di Jepang. Produk industri Jepang terutama adalah elektronik dan otomotif, yang banyak di ekspor ke berbagai negara di dunia.

Kode: 9.10.10

Kelas: IX

Mata pelajaran: IPS

Materi: Bab 10 – Benua dan Samudra

Kata kunci: Jepang

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id – brainly.co.id/tugas/16625931#readmore

Penjelasan:

Komoditas adalah sesuatu benda nyata yang relatif mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan untuk suatu jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya.

lalu komoditas yang dapat dikembangkan di jepang menurut wilayahnya adalah tentu saja komoditas baja dan besi. urutan kedua sebagai Negara Penghasil Besi Terbesar di dunia adalah Jepang dengan jumlah produksi sebanyak 73,62 juta ton.