Bersuci terbagi 2 sebutkan dan jelaskan

Posted on

Bersuci terbagi 2 sebutkan dan jelaskan

Jawaban Terkonfirmasi

Bersuci atau thaharah secara umum terbagi menjadi 2 jenis atau 2 bagian yaitu:

  • Thaharah bathiniyah, yang merupakan salah satu jenis bersuci yang berkaitan dengan kesucian rohani atau yang berhubungan dengan mensucikan diri dari segala penyakit hati seperti riya.
  • Thaharah lahiriyah, yang merupakan salah satu jenis bersuci yang berkaitan dengan kesucian  jasmani. Thaharah lahiriyah terbagi lagi menjadi  bagian yaitu bersuci dari najis dan juga bersuci dari hadas.

Pembahasan

Bersuci atau thaharah merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh seseorang sebelum melakukan sesuatu ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Bersuci yang berkaitan dengan rohani dapat dilakukan dengan memperkuat iman dan meluruskan niat dalam melakukan sesuatu. Sedangkan bersuci yang berkaitan dengan jasmani dapat dilakukan dengan cara menggunakan air atau alat dan benda bersuci lainnya tergantung jenis najis atau hadas yang ingin disucikan dan kondisi pada saat bersuci. Misalnya pada saat seseorang ingin mensucikan diri dari hadas kecil maka dapat dilakukan dengan berwudhuk sedangkan jika pada saat ingin mensucikan diri dari hadas kecil dalam keadaan sakit dan tidak bisa tekena air, maka bersuci dapat dilakukan dengan tayamum.

Bersuci dengan cara berwudhuk dan bersuci dengan cara tayamum memiliki perbedaan yang sangat jelas dapat kita amati dalam kehidupan sehari-hari. Contoh perbedaan bersuci dengan cara berwudhuk dan bersuci dengan cara tayamum adalah pada saat bersuci dengan cara berwudhuk maka yang digunakan adalah air mutlak yaitu air yang suci dan dapat menyucikan sedangkan pada saat bersuci dengan cara tayamum yang digunakan adalah debu atau tanah yang suci. Perbedaan lainnya adalah terdapat pada rukun dari masing-masing cara berrsuci tersebut, di mana rukun bersuci dengan wudhuk lebih banyak dari pada bersuci dengan tayamum.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang hukum wudhuk, pada brainly.co.id/tugas/33161914
  2. Materi tentang syarat sah wudhu, pada brainly.co.id/tugas/25457988
  3. Materi tentang najis yang berasal dari 4njing, pada brainly.co.id/tugas/47097089  

===============================

Detail jawaban

Kelas : VII

Mata pelajaran : Agama

Bab : Hadast dan Najis

Kode soal: 7.14.5

#AyoBelajar