Apakah alasan memilih Abu Bakar menjadi khalifah pertama menggantikan Nabi Muhammad

Posted on

Apakah alasan memilih Abu Bakar menjadi khalifah pertama menggantikan Nabi Muhammad

Jawaban Terkonfirmasi

Alasan memilih Abu Bakar menjadi khalifah pertama menggantikan Nabi Muhammad

Pembahasan:

Abu Bakar merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW. yang memeluk agama Islam di awal-awal yang disebut sebagai assabiquna Al Awwalun. Abu Bakar lahir pada tahun 573 Masehi. Abu Bakar merupakah Khalifah pertama yang diangkat setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Setelah Nabi Muhammad wafat umat muslim berunding siapakah yang akan menjadi khalifah yang akan memimpin umat Islam. Terjadilah perdebatan antara kaum ansar dan kaum muhajirin, kemudian Umar bin Khattab mengusulkan Abu Bakar untuk menjadi Khalifah, usulan itu disetujui oleh Abu Ubaidah.Dan kemudian umat Islam ramai-ramai membaiat Abu Bakar sebagai khalifah.

Ada beberapa alasan mengapa Abu Bakar di pilih sebagai khalifah, Karena Abu Bakar merupakan sahabat dekat Nabi Muhammad dan pernah juga pada saat Nabi Muhammad sedang sakit sehingga beliau tidak dapat mengimani shalat berjamaah sehingga beliau digantikan oleh Abu Bakar, dan Abu Bakar merupakan orang yang benar dan cerdas sehingga ia dijuluki As-shiddiq yang artinya benar/ selalu membenarkan perkataan Nabi Muhammad SAW.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang pengangkatan Umar bin Khattab sebagai Khalifah, di link brainly.co.id/tugas/10665673

============================================================

Detail Jawaban

Kelas : VII

Mapel : Agama Islam

BAB : 9 – Sejarah Nabi Muhammad SAW

Kode : 7.14.9

#OptiTimCompetition

#TingkatkanPrestasimu