Mengapa nabi Muhammad saw. Melakukan uzlah?

Posted on

Mengapa nabi Muhammad saw. Melakukan uzlah?

Jawaban Terkonfirmasi

Alasan nabi muhammad melakukan uzlah salah satunya adalah nabi muhammad ingin menjauhkan diri dan memmohon perlindungan agar terhindar dari perilaku menyimpang yang banyak dilakukan oleh masyarakat quraisy. Nabi muhammad sering melakukan uzlah hingga umur nabi 40 tahun. Pada usia 40 tahun ketika nabi sedang melakukan uzlah di gua Hira nabi muhammad menerima wahyu dari Allah melalui perantara malaikat jibril. Wahyu pertama yang diterima oleh nabi muhammad adalah firman Allah yang terdapat dalam surah al 'alaq ayat yang ke 1 hingga firman Allah dalam suah al 'alaq ayat yang ke 5.

Pembahasan

Nabi muhammad merupakan seorang nabi dan rasul utusan yang Allah utuskan kepada umat manusia. Nabi muhammad merupakan nabi dan rasul yang terakhi Allah utuskan kepada umat manusia dan tidak ada satupun  nabi dan rasul yang Allah utus setelah nabi muhammad. Sehingga nabi muhammad mendapat gelar khatamul anbiya wal mursalin.

Salah satu dalil naqli yang menyebutkan bahwa nabi muhammad adalah nabi terakhir adalah firman Allah dalam surah al ahzab ayat yang ke 40. Lafadz dari firman Allah dalam surah al ahzab ayat yang ke 40 menggunakan huruf hijaiyyah adalah مَا كَانَ مُحَمَّدٌ اَبَآ اَحَدٍ مِّنْ رِّجَالِكُمْ وَلٰكِنْ رَّسُوْلَ اللّٰهِ وَخَاتَمَ النَّبِيّٖنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا. Ayat tersebut selain menjelaskan bahwa nabi muhammad adalah nabi terakhir juga menjadi bukti bahwa nabi muhammad rasul utusan Allah. Di dalam ayat tersebut juga menjelaskan bahwa Allah maha mengetahui semua hal atu Allah maha mengetahui segala sesuatu. Sehingga ayat tersebut juga menjadi dalil yang menyebutkan tentang asmaul husna al 'alim.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pertanyaan mengenai kehidupan dan sejarah nabi muhammad, pada brainly.co.id/tugas/34916898
  2. Materi tentang maksud dari Allah mengutus nabi muhammad sebagai rahmatan lil alamin , pada brainly.co.id/tugas/13668792
  3. Materi tentang nama sahabat nabi yang bukan termasuk dalm golongan assabiqunal awwalun, pada brainly.co.id/tugas/25338913  

=============================

Detail jawaban

Kelas: VII

Mata pelajaran: Agama Islam

Bab: Sejarah Nabi Muhammad SAW

Kode soal: 7.14.9

#TingkatkanPrestasimu

Mengapa nabi Muhammad saw. Melakukan uzlah?

= Untuk beribadah, dan bertafakkur tentang kejadian alam semesta

#Koreksi