Contoh teks laporan eksplanasi dan deskripsi​

Posted on

Contoh teks laporan eksplanasi dan deskripsi​

Penjelasan:

1). Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Pernyataan Umum (Pembuka)

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang disebabkan karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. peristiwa ini banyak terjadi di daerah yang berdekatan dengan gunung berapi dan di sekeliling lautan luas.

Penjelasan (Isi)

Gempa bumi terjadi karena adanya gerakan pada lapisan bawah bumi dan juga letusan gunung berapi yang dahsyat. Peristiwa ini terjadi dengan cepat dan tiba-tiba, namun dampak yang ditimbulkan cukup besar dan luas. Selain kerugian berupa harta benda, gempa bumi ini juga menelan korban jiwa yang tidak sedikit, hal ini karena datangnya yang tidak dapat diprediksi secara pasti sehingga banyak orang tidak dapat mempersiapkan diri saat terjadinya peristiwa ini.

Berdasarkan penyebabnya, gempa bumi dibedakan menjadi 2 yaitu gempa bumi tektonik dan gempa vulkanik.

Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Sedangkan gempa bumi vulkanik disebabkan karena adanya aktivitas gunung berapi. Gempa tektonik lebih sering terjadi daripada gempa vulkanik.

Penutup (Interpretasi)

Berdasarkan penjelasan diatas, gempa bumi adalah fenomena alam yang terjadi secara tiba-tiba dalam waktu yang cukup singkat namun dampak yang diakibatkan bisa sangat besar dan meluas.

2). Contoh teks deskripsi tentang kucing

Blacky

Aku mempunyai kucing bernama Blacky, dia berwarna hitam pekat dengan mata yang sangat putih. Mempunyai ekor panjang dan bulu yang halus.

Blacky sering bermain dengan bermain bola, suka memakan ikan dan nasi. Blacky selalu menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang sudah disediakan.