Jelaskan keterkaitan perencanaan strategi dalam memulai usaha

Posted on

Jelaskan keterkaitan perencanaan strategi dalam memulai usaha

Jawaban:

Hubungan Perencanaan Strategis dengan Kinerja Perusahaan adalah dalam upaya menciptakan keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif dapat tercapai apabila mengimplementasikan perencanaan strategis yang baik dimana akan berkelanjutan dengan meningkatkan kinerja perusahaan. Dengan adanya perencanaan strategis maka perusahaan memiliki pedoman dalam memformulasikan sasaran serta rencana dalam usaha mencapai keberhasilan perusahaan.

Pembahasan

Perencanaan strategis merupakan salah satu dari empat fungsi manajemen yang digunakan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi di masa depan yang bertujuan untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Tanpa adanya perencanaan, yang dilakukan suatu perusahaan atau organisasi tidak akan terstruktur, tanpa persiapan dan tentunya tidak efektif dan efisien. Perencanaan strategis yang matang adalah kunci keberhasilan suatu perusahaan. Untuk mencapai strategi yang telah direncanakan maka diperlukan kinerja dari seluruh elemen perusahaan atau organisasi yang sesuai dengan arahan dalam proses perencanaan strategis.

Langkah – langkah dalam proses perencanaan strategis sebagai berikut :

Perumusan sasaran.

Penentuan tujuan dan strategi yang terdapat pada saat ini.

Analisis lingkungan. Bertujuan untuk menentukan cara bagaimana menghadapi perubahan lingkungan secara luas termasuk teknologi, ekonomi, sosial, budaya, hukum maupun politik yang dapat berpengaruh terhadap perusahaan walaupun secara tidak langsung.

Analisis sumber daya. Bertujuan untuk mengetahui seberapa sumber daya yang dimiliki termasuk sumber daya manusia, material berupa dana atau yang lainnya yang dapat mempengaruhi jalannya perusahaan.

Mengenali ancaman dan kesempatan yang dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT.

Menentukan sejauh mana perubahan strategis yang dilakukan untuk mengantisipasi adanya perubahan lingkungan saat kegiatan berlangsung.