berisi judul lukisan dan harga lukisan jika dijual membantu guide untuk menjelaskan kepada pengunjung pameran di sebut

Posted on

berisi judul lukisan dan harga lukisan jika dijual membantu guide untuk menjelaskan kepada pengunjung pameran di sebut

Jawaban Terkonfirmasi

Pada pameran karya seni rupa, lembaran atau buku yang berisi judul dan harga lukisan disebut dengan katalog. Katalog digunakan untuk menjelaskan dan petunjuk (guide) berupa informasi kepada pengunjung mengenai karya yang dipamerkan.

Penjelasan

Pameran seni rupa merupakan sebuah kegiatan memperlihatkan karya seni rupa kepada orang banyak. Karya seni yang dipamerkan bisa berupa patung, lukisan, furniture, kain, dan seni benda lainnya. Pameran dilakukan bisa dengan tujuan hanya memperlihatkan saja atau sekaligus menjual karya seninya.

Dalam pameran seni rupa, banyak perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapan harus dipersiapkan agar tujuan pameran tercapai. Perlengkapan pameran seni rupa dibutuhkan dari untuk memajang karya, memberikan petunjuk bagi pengunjung, kursi untuk duduk, hingga alat pengeras suara.

Perlengkapan pameran karya seni rupa:

  1. Meja kursi diperlukan untuk penerima tamu. Kursi khusus pengunjung juga perlu dipersiapkan agar pengunjung nyaman.
  2. Tempat display bisa berupa tembok dengan kaitan untuk memajang lukisan, atau meja tempat meletakkan patung atau karya 3 dimensi lainnya.
  3. Buku tamu digunakan untuk menuliskan nama pengunjung yang hadir. Catatan ini diperlukan sebagai keperluan administrasi.
  4. Katalog berupa buku atau lembaran berisi gambar, nama pembuat karya, hingga harga karya seni yang dipamerkan. Katalog berfungsi menjadi petunjuk yang memberikan informasi mengenai karya yang tampilkan kepada pengunjung pameran.
  5. Dekorasi dalam pameran seni rupa bisa berupa lampu hias, dan sedikit hiasan lainnya. Sebaiknya tidak terlalu mencolok agar karya yang ditampilkan tetap menjadi pusat perhatian.
  6. Pengeras suara diperlukan jika dalam pameran terdapat panggung. Alat ini diperlukan juga di bagian informasi jika ada hal yang perlu diumumkan kepada peserta.

Pelajari lebih lanjut

  1. Panitia yang mempersiapkan perlengkapan brainly.co.id/tugas/10411433
  2. Fungsi katalog pameran seni rupa brainly.co.id/tugas/15410443

Detail jawaban

Kelas: 10

Matpel: Seni Budaya

Bab: Pameran karya seni rupa

Kode: 10.19.9

#AyoBelajar