Contoh teks eksemplum tentang lingkungan

Posted on

Contoh teks eksemplum tentang lingkungan

BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA

            Sepoi angin menambah sejuknya siang itu. Bel sekolah berbunyi, menandakan waktu istirahat telah tiba. Hembusan nafas Alifa begitu dalam, seakan ia merasakan sesak ketika pelajaran tadi. Pun demikian dengan teman-temannya, mereka berlarian menuju halaman dan kantin sekolah. Tenangnya halaman kelas sirna oleh sorak-sorai anak-anak.

Sesampainya di kantin sekolah, terlihat begitu menarik makanan yang tertata rapi itu. Seakan mengajak Alifa sejenak bercumbu dengan mereka untuk menghilangkan lapar. Diantara jajaran makanan mata Alifa melihat kuning-kuning yang menarik perhatiannya. Itulah pisang yang menjadi buah kesukaan Alifa. Tanpa berpikir, cacing-cacing di perut Alifa seakan mendorongnya untuk melahap buah itu. Dibelinya pisang itu oleh Alifa. Di sudut kantin Alifa duduk sambil menikmati pisang yang manis tersebut. Bel telah berbunyi kembali, sebelum Alifa menghabiskan pisangnya. Dengan tergesa-gesa Alifa lari ke kelas, namun ia lupa kulit pisang yang ia makan tidak ia buang di tempatnya melainkan terbawa lari olehnya dan terbuang entah dimana tanpa Alifa sadari. Sampai di depan kelas Alifah terpeleset oleh kulit pisang, dan tenyata kulit pisang tersebut adalah kulit dari pisang yang tadi ia makan. Mukanya memerah menahan malu karena ia terjatuh dan ditertawakan oleh teman-teman satu kelasnya.

Maka, sebaiknya buanglah sampah pada tempatnya. Agar tidak berdampak buruk kepada diri kita. Selain itu, membuang sampah pada tempatnya adalah salah satu bentuk kepedulian kita dalam menjaga kebersihan lingkungan. Sedangkan, kebersihan adalah sebagian dari iman. Sehingga ketika kita menjaga kebersihan lingkungan sama dengan kita menjaga iman kita.