Jelaskan sifat-sifat khas atom karbon yang tidak dimiliki oleh atom-atom lain

Posted on

Jelaskan sifat-sifat khas atom karbon yang tidak dimiliki oleh atom-atom lain

Jawaban Terkonfirmasi

Sifat-sifat khas atom karbon yang dimana tidak dimiliki oleh atom-atom lainnya.

Atom karbon

1. Pertama: Atom karbon mempunyna nomor atom 6 dan juga terdapat 4 elektron valensi. Pada elektron valensi ini kemudian diberikan sebuah bentuk terhadap pasangan elektron yang dimana bersama juga dengan atom lainnya yang dimana kemudian membentuk sebuah ikatan yang kovalen. Dari keempat elektron valensi ini kemudian memberikan sebuah gambaran terhadap sebuah tangan ikatan.

2. Kedua: Atom karbon dengan keempat tangan yang saling terikat tersebut membuat atom karbon memiliki bentuk sebuah rantai atom karbon yang dimana dapat berisi berbagai bentuk dan juga kemungkinan yang dapat terjadi. Pada setiap kemungkinan tersebut kemudian akan memberikan satu jenis senyawa yang dimana pada semakin banyaknya kemungkinan yang ada akan memberikan semakin banyak pula jenis senyawa yang dapat dibentuk oleh atom karbon tersebut.

Rantai karbon tersebut kemudian dikelompokkan menjadi:

1. Jumlah ikatan

Ikatan tunggal: Sebuah bentuk ikatan yang dimana terjadi pada atom karbon yang kemudian hanya memiliki satu tangan ikatan (hanya terdapat satu pasang elektron yang terikat)

Ikatan rangkap dua: Sebuah bentuk ikatan yang dimana terjadi diantara atom-atom karbon yang dimana memiliki dua tangan ikatan (terdapat dua pasang elektron yang terikat)

Ikatan rangkap tiga: Sebuah bentuk ikatan yang dimana terjadi diantara atom-atom karbon yang dimana memiliki tiga tangan ikatan (terdapat tiga pasang elektron yang terikat)

2. Bentuk Rantai

Bentuk rantai yang terbuka ( alifatis ): Sebuah bentuk rantai yang dimana pada bagian ujung dari masing-masing atom karbonnya tidak saling terhubung diantara atom yang satu dengan atom lainnya. Pada rantai jenis ini terdaapt yang memiliki cabang dan juga tidak memiliki cabang

Bentuk rantai yang tertutup ( siklis ): Sebuah bentuk rantai yang dimana memiliki pertemuan pada masing-masing ujung rantai dari karbon tersebut. DImana kemudian rantai siklis ini terbagi menjadi dua yaitu rantai siklis dan rantai aromatis.

3. Posisi atom karbon di dalam rantai karbon

Melihat dari jumlah atom karbon yang dimana diikat yang dimana terdapat empat macam kemungkinan dari posisi dari masing-masing atom C yang berada dalam rantai ikatan karbon yang dimana:

1. Atom karbon primer
: adalah sebuah posisi atom yang dimana rantai karbon tersebut hanya dapat mengikat yang dilakukan secara langsung pada satu jenis atom karbon dengan atom karbon lainnya.

2. Atom karbon sekunder: adalah sebuah posisi atom yang dimana rantai karbon tersebut hanya dapat mengikat yang dilakukan secara langsung pada dua jenis atom karbon dengan atom karbon lainnya.

3. Atom karbon tersier
: adalah sebuah posisi atom yang dimana rantai karbon tersebut hanya dapat mengikat yang dilakukan secara langsung pada tiga jenis atom karbon dengan atom karbon lainnya.

4. Atom karbon kuartener: adalah sebuah posisi atom yang dimana rantai karbon tersebut hanya dapat mengikat yang dilakukan secara langsung pada empat jenis atom karbon dengan atom karbon lainnya.

Kesimpulan:

1. Atom karbon memiliki 6 atom dengan 4 elektron valensi.

2. Atom karbon dengan keempat ikatan tangan tersebut dapat membentuk sebuah rantai dari atom karbon dengan banyaknya variasi dari bentuk dan kemungkinan yang akan terjadi.

3. Posisi atom karbon yang dimana berada dalam rantai karbon tersebut yang kemudian dibagi menjadi beberpa jenis yaitu:

a. Atom karbon primer

b. Atom karbon sekunder

c. Atom karbon tersier

d. Atom karbon kuartener

Pelajari lainnya:

– Atom karbon dengan lambang C memiliki konfigurasi brainly.co.id/tugas/8797912

– Atom karbon yang bernomor 6 terletak pada golongan brainly.co.id/tugas/4660861

– Atom karbon dapat membentuk ikatan rantai tertutup yang disebut brainly.co.id/tugas/7570646

Kelas : 11

Pelajaran : Kimia

Kategori : Bab 1 – Struktur Atom Bentuk Molekul dan Gaya Antar Molekul

Kata Kunci : Atom Karbon, Rantai, Elektron

Kode: 11.7.1