sebutkan 10 jenis kerajinan bahan keras beserta daerah asal, bentuk, warna, tekstur, ragam hias, dan perbedaan yang menonjol

Posted on

sebutkan 10 jenis kerajinan bahan keras beserta daerah asal, bentuk, warna, tekstur, ragam hias, dan perbedaan yang menonjol

Jawaban Terkonfirmasi

Berikut ini adalah beberapa jenis kerajinan bahan keras dan ciri khasnya:

  1. Kerajinan kayu jati dari Jepara
    Memiliki bentuk dan tekstur yang beragam sesuai dengan ragam hias yang ingin dibuat. Warna alaminya adalah cokelat, namun bisa dicat dengan warna lain juga, tergantung kebutuhan dan keinginan.
  2. Kerajinan rotan dari Kalimantan
    Cenderung keras namun lentur, sehingga dapat dibentuk menjadi berbagai perabotan rumah tangga seperti kursi, kipas, hingga keranjang.
  3. Kerajinan bambu
    Memiliki bentuk yang keras dengan tekstur yang cenderung halus. Dapat dibuat menjadi perabotan rumah tangga maupun dipotong dan dianyam untuk dijadikan benda keperluan.
  4. Kerajinan kaca serat (fiberglass) dari Bandung dan Jombang
    Memiliki tekstur yang keras, kuat, dan tahan lama. Dapat diwarnai oleh macam-macam cat fiberglass sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Hasil karyanya biasa digunakan untuk membuat badan mobil hingga bangunan kapal.
  5. Kerajinan batu dari Kalimantan
    Memiliki bentuk yang keras dan kuat. Ukurannya berbagai macam, begitu pula dengan warna dan teksturnya karena sesuai dengan jenis batu yang digunakan.

Pembahasan

Kerajinan bahan keras merupakan kerajinan yang menggunakan bahan-bahan keras sebagai bahan dasar atau utamanya. Benda keras yang digunakan dapat berupa benda keras alami seperti kayu, biji, kerang, tulang, rotan, dan sebagainya; maupun bahan keras buatan seperti kaca, logam, kawat, semen, dan sebagainya.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian, jenis, dan contoh kerajinan bahan keras brainly.co.id/tugas/6331671
  2. Materi tentang kerajinan bahan keras brainly.co.id/tugas/14129530
  3. Materi tentang bahan keras alam dan buatan brainly.co.id/tugas/17638404

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Seni Budaya

Bab: 9

Kode: 8.1.9

#AyoBelajar #SPJ2