Mengapa kita perlu menjaga pelestarian laut ?

Posted on

 
Apa akibat jika orang menangkap ikan dengan menggunakan alat peledak

Mengapa kita perlu menjaga pelestarian laut ?

Jawaban Terkonfirmasi

Kelas: VI
Mata pelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi: Sumber Daya Laut
Kata kunci: Ikan

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Kita perlu menjaga pelestarian laut agar kita bisa menikmati hasil kekayaan laut secara berkesinambungan, tanpa menyebabkan kepunahan atau kerusakan alam.

Akibat jika orang menangkap ikan dengan menggunakan alat peledak adalah rusaknya terumbu dan matinya ikan dalam jumlah besar yang dapat mengakibatkan hilangnya ikan di laut.

Jawaban panjang:

Dalam menggunakan sumberdaya laut kita harus menjaga kelestarian laut. Karena bila ekosistem laut rusak, maka sumber daya hayati yang kita nikmati juga akan terganggu.

Misalnya bila kita menangkap ikan terlalu banyak, tanpa menyisakan sejumlah ikan untuk berkembang biak menggantikan stok ikan yang dutangkap. Ini akan merusak siklus hidup ikan dan merusak kelestarian laut dan sunber daya alam di dalamnya.

Salah satu cara menjaga kelestarian laut adalah dengan tidak melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan bom.

Pengeboman ikan akan merusak terumbu karang. Sedangkan terumbu karang ini sangat penting sebagai tempat ikan bertelur, berkembang biak, dan tumbuh besar. Bila tidak ada terumbu karang, maka ikan tidak dapat melakukan perkembang biakan untuk menggantikan jumlah ikan yang dutangkap. Akibatnya stok ikan di lautan akan turun banyak.

Penurunan stok ikan ini akan mengakibatkan sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali ikan yang di tangkap dalam jangka panjang. Dan ini akan merusak kehidupan para nelayan.