Sebutkan 3 cara merawat pedal kopling mobil.​

Posted on

Sebutkan 3 cara merawat pedal kopling mobil.​

Jawaban:

Tips Merawat Kopling Mobil :

1. Hindari meletakan kaki pada pedal Kopling dalam waktu yang lama. Saat berkendara di jalan yang lancar seperti jalan tol, biasakan untuk tidak meletakan kaki pada pedal kopling secara terus menerus.

2. Hindari menggunakan setengah kopling ketika berhenti dijalan menanjak.

3. Tidak melepas kopling dengan cara kasar.

Jawaban:

1. Hindari meletakan kaki pada pedal Kopling dalam waktu yang lama. Saat berkendara di jalan yang lancar seperti jalan tol, biasakan untuk tidak meletakan kaki pada pedal kopling secara terus menerus. …

2. Hindari menggunakan setengah kopling ketika berhenti dijalan menanjak.

3. Tidak melepas kopling dengan cara kasar

Penjelasan:

Sebelum mengetahui cara merawat kopling, Anda sebaiknya perlu tahu lebih dalam apa saja masalah yang sering melandanya. Hal pertama ialah slip sehingga mobil menjadi kurang tenaga. Hal yang paling parah akibat masalah ini, tenaga dari mesin mobil tidak tersalur hingga bahan bakar menjadi boros.

Masalah kedua yang kerap terjadi pada akibat rusaknya koping ialah tuas gigi tak bisa dipindahkan. Kerusakan yang menyebabkan masalah ini ialah jebol karena pelat kopling dan mesin yang tak dapat terpisah, kabel kopling putus, dan silinder kopling yang bocor.

Sulitnya menggerakkan tuas transmisi pun bisa disebabkan karena kopling yang lengket dengan mesin. Penyebab umum dari lengketnya kedua bagian tersebut adalah karena sistem kopling yang kemasukan lumppur atau air.Cara merawat kopling dapat dimulai dari cara Anda berkendara. Jika ingin merawat kopling hingga dapat digunakan dalam kurun waktu lama, jangan pernah lakukan hal-hal ini saat berkendara:

1.Saat tengah berhenti di jalan menanjak, jangan menahan kopling pada posisi setengah. Lebih baik Anda menggunakan rem tangan untuk menahan posisi mobil. Hal ini dapat membuat pelat dan sistem kopling panas hingga bisa terbakar.

2.Saat tengah berkendara, jangan pernah menaruh kaki di atas pedal kopling. Kadang, orang tidak sadar melakukan hal ini, padahal akibatnya bisa membuat pelat kopling serta release bearing jadi aus. Walau pedal tertekan hanya sedikit, namun hal tersebut berulang terjadi, potensi aus pun semakin cepat terjadi.

3.Jangan terburu-buru saat menginjak serta melepas pedal kopling. Hal ini ternyata berpengaruh pada sentuhan pelat dengan flywheel sehingga kopling cepat aus. Bagian torsion damper pada kopling pun bisa rusak.

jadikan yg  terbaik (*^_^*)