Tolong dibantu dong ​

Posted on

Tolong dibantu dong ​

Tolong dibantu dong ​

Jawaban dan Penjelasan:

1.) Kelangkaan (scarcity) diartikan kesenjangan antara sumber daya ekonomi yang terbatas dengan jumlah kebutuhan hidup tidak terbatas.

2.) Perbedaan Tindakan, Motif, dan Prinsip ekonomi:

  1. Tindakan ekonomi, adalah kegiatan manusia dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  2. Jika Motif ekonomi, adalah dorongan yang menyebabkan manusia melakukan suatu tindakan ekonomi.
  3. Sedangkan Prinsip ekonomi, adalah usaha dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

3.) Nilai guna nentuk (form utility) adalah pertambahan kegunaan yang terkandung dalam suatu benda pemuas kebutuhan akibat perubahan bentuknya. Contoh: Kegunaan kayu menjadi bertambah setelah dibentuk menjadi kursi, meja, atau lemari.

4.) Pengertian Konsumsi dan Distribusi:

  1. Konsumsi, adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk mengurangi nilai guna suatu benda atau barang dan jasa yang dilakukan sekaligus atau bertahap untuk memenuhi kebutuhan.
  2. Distribusi, adalah menyampaikan atau menyalurka barang barang dan jasa dari pihak produsen pada pihak konsumen.

5.) Faktor-faktor Penawaran:

  • Harga Barang itu Sendiri

Apabila harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan meningkat dan sebaliknya.

  • Biaya Produksi

Biaya produksi dengan biaya yang digunakan dalam proses produksi, seperti biaya untuk membeli bahan baku, biaya untuk gaji pegawai, dan sebagainya. Akibatnya produsen akan menawarkan barang produksinya dalam jumlah yang sedikit. Hal ini disebabkan karena produsen tidak mau rugi dan sebaliknya.

  • Kemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya barang yang ditawarkan. Adanya teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan jasa. Selain itu dengan menggunakan mesin-mesin modern akan menurunkan biaya produksi dan akan memudahkan produsen untuk menjual barang dengan jumlah yang banyak.

  • Pajak

Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika suatu barang tersebut menjadi tinggi, akibatnya permintaan akan berkurang sehingga penawaran juga akan berkurang.

  • Harapan mendapatkan Keuntungan

Dengan harapan memperoleh keuntungan atau laba yang banyak maka produsen berlomba-lomba untuk meningkatkan produksinya,

  • Faktor-faktor Non Ekonomis

Faktor non ekonomis disebabkan karena bencana banjir, larangan impor dan kebijakan pemerintah. Hal tersebut akan mempengaruhi jumlah penawaran.

6.) Pasar merupakan sarana bertemunya penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan jual beli atau proses terjadinya interaksi antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah barang atau jasa yang diperjualkan.

7.) Pasar menurut Wujudnya

  1. Pasar konkret (pasar nyata) merupakan pasar yang menunjukkan suatu tempat terjadinya hubungan secara langsung (tatap muka) antara pembeli dan penjual. Barang yang diperjualbelikan pun berada di tempat tersebut. Contohnya pasar pasar tradisional dan Swalayan.
  2. Pasar abstrak (tidak nyata) merupakan pasar yang menunjukkan hubungan antara penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung, barangnya tidak secara langsung dapat diperoleh pembeli. Misalnya, pasar modal di Bursa Efek Indonesia.

8.) Peran IPTEK dalam Kegiatan Ekonomi

  • Peran perkembangan IPTEK bagi Kegiatan Produksi:

IPTEK dapat menunjang kegiatan produksi terutama kebutuhan akan mesin-mesin produksi, bahan baku untuk produksi, dan bahan penolong untuk produksi.

  • Peran perkembangan IPTEK bagi Kegiatan Distribusi:

IPTEK dapat memberikan kemudahan untuk distribusi barang, dapat memperlancar distribusi barang, dan mempercepat barang sampai ke tangan konsumen.

  • Peran peekembangan IPTEK bagi Kesehatan Konsumsi:

Peran IPTEK dalam kegiatan konsumsi ini adalah IPTEK dapat memberikan kemudahan bagi konsumen dalam pemenuhan kebutuhan. Konsumen dapat dengan cepat dan mudah memperoleh apa yang dibutuhkan.

9.) Ciri-ciri Manisia Wirausaha

  • Mempunyai kepribadian yang kuat, yang ditandai dengan ketakwaan kepada Tuhan YME.
  • Memiliki keterampilan berwirausaha, dalam bentuk: keterampilan berpikir kreatif, pandai bergaul, mampu memimpin, keterampilan dalam bidang manajerial.
  • Memiliki sikap mental wirausaha, yakni memiliki kemauan keras, jujur, bertanggung jawab.

10.) Perbedaan Periodisasi secara Geologis dan Arkeologis:

  • Periodisasi secara Geologis

Menurut para ahli geologi, sejarah perkembangan bumi terbagi menjadi 4 periode, yaitu zaman arkaikum, palaeozoikum, mesozoikum, dan neozoikum atau kenozoikum.

  • Periodisasi secara Arkeologis

Periodisasi secara arkeologis didasarkan atas hasil hasil temuan benda-benda peninggalan yang dihasilkan oleh manusia yang hidup pada masa praaksara.

Jika ada penjelasan yg kurang dimengerti mohon di maafkan ya

Terimalpha kasih 🙂