Apa hikmah berpuasa di bulan ramadhan​

Posted on

Apa hikmah berpuasa di bulan ramadhan​

Jawaban:

Menjadi Banyak Bersyukur.

dengan makan yang dilakukan saat berbuka, umat muslim dilatih untuk mensyukuri nikmat yang dimiliki saat tidak berpuasa. Sehingga manusia dapat menjadi pribadi yang lebih baik setelah mensyukuri nikmat Allah SWT.

Melatih Hidup Sederhana

Saat berbuka puasa, manusia dianjurkan untuk sedikit makan dan perbanyak minum. Dengan pola makan hanya memakan tiga butir kurma dan minum air putih dapat bermanfaat untuk kesehatan.

Penjelasan:

semoga membantu^^

boxed{ tt : answer : by: green{}boxed{ tt : Reivanramdhani01}}

Hikmah Puasa Ramadhan:

  • Mendekatkan Diri kepada Sang Pencipta

Ketika kita menjalankan ibadah puasa sesuai dengan perintah Allah, maka berarti kita mempasrahkan segalanya pada Allah. Tujuan dari puasa kita adalah untuk mentaati segala perintah Allah demi mendekatkan diri kepadanya.

  • Mendorong pada Perbuatan Baik

Saat kita menjalankan ibadah puasa kita tidak hanya menahan rasa haus dan lapar, tetepi kita juga menjaga diri dari perkataan dan perbuatan yang tidak baik pula. Secara tidak langsung ketika kita menjauhi hal tersebut artinya kita akan terdorong untuk melakukan hal-hal baik demi kesempurnaan puasa

  • Meningkatkan Rasa Empati

Bulan Ramadhan menjadi kesempatan bagi setiap Muslim untuk meningkatkan ketakwaan, nilai moral dan sosial. Dengan menjalankan puasa orang kaya merasakan bagaimana perasaan menahan lapar seharian, hal yang setiap hari dirasakan oleh orang yang kurang mampu.

Pembahasan:

Puasa atau saum adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu.

Syarat Wajib Puasa Ramadan

  1. Mempunyai keyakinan Islam atau beragama Islam.
  2. Telah melalui masa baligh atau telah mencapai umur dewasa.
  3. Mempunyai akal.
  4. Sehat jasmani dan rohani.
  5. Bukan seorang musafir atau sedang melakukan perjalanan jauh.
  6. Suci dari haid dan nifas.
  7. Mampu atau kuat melaksanakan ibadah puasa Ramadan.