Tolong bantu teman teman bsk di kumpul ​

Posted on

Tolong bantu teman teman bsk di kumpul ​

Tolong bantu teman teman bsk di kumpul ​

Penjelasan:

4) simbol tangan yg bergandengan

dan simbol yg mewakili kebersamaan

5) masyarakat akan lebih baik

masyarakat dapat mematuhi beraturan

masyarakat dapat melakukan hal yg positif

4. Pengertian Status Sosial

Status sosial merupakan suatu kedudukan sosial seseorang di masyarakat yang mampu didapat dengan sendirinya (otomatis) melalui usaha ataupun karena pemberian.

Status Sosial Menurut Para Ahli

Mayor Polak (1979)

Menurut beliau. status dimaksudkan ialah sebagai kedudukan sosial dari seorang oknum didalam sebuah kelompok dan didalam masyarakat.

Ralph Linton

Status sosial merupakan sekumpulan hak dan juga kewajian yang dipunyai seseorang didalam bermasyarakat.

Soerjono Soekanto

Status sosial merupakan tempat seseorang yang secara umum didalam masyarakat sehubungan orang lain, dalam arti lingkungan pergaulan, prestise serta juga hak-hak serta kewajiban-kewajibannya.

Pitirim Sorokin

Menurut Pitirim Sorokin untuk mengukur status dapat dilihat dari :

Jabatan / pekerjaan

Ilmu pengetahuan

Kekayaan

Agama

Politis , keturunan

Jenis Status sosial

Status sosial sangat bervariasi. Status sosial dalam masyarakat dapat dibedakan ke dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

Ascribed Status (Status yang Diberikan)

Ascribed status merupakan jenis status yang diperoleh secara otomatis tanpa harus diperjuangkan terlebih dahulu.

1) Prestasi

Dalam hal ini status diperoleh karena berhasil dalam menyelesaikan studi atau meraih juara dalam suatu kejuaraan. Apresiasi masyarakat akan berbeda pada orang-orang yang memiliki prestasi lebih. Contohnya dokter, insinyur, dan hakim.

2) Kekuasaan atau jabatan

Seseorang akan dipandang memiliki status tinggi, apabila orang tersebut memiliki jabatan tertentu yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kedudukan masyarakat lainnya. Untuk memiliki jabatan dibutuhkan perjuangan. Contohnya manajer perusahaan, kepala desa, dan guru.

3) Kualitas pribadi

Seseorang memiliki status tinggi apabila ia dituakan oleh masyarakat. Biasanya tokoh yang dituakan yaitu pemuka agama atau pemuka adat. Kualitas pribadi dapat diperjuangkan dengan pendidikan dan pengalaman.

5. Kelompok berarti setiap kumpulan manusia secara fisik, misalnya sekumpulan orang yang sedang menunggu bus kota. Menurut salah satu ahli, kelompok sosial adalah sejumlah orang yang saling berhubungan dalam sebuah struktur.

maaf kalo ada yang salah dan terima kasih