Dimanakah latar waktu cerita dalam kutipan novel sejarah gajah mada bergelut dalam takhta dan angkara dibuat?

Posted on

Dimanakah latar waktu cerita dalam kutipan novel sejarah gajah mada bergelut dalam takhta dan angkara dibuat?

Jawaban Terkonfirmasi

Latar merupakan salah satu unsur intrinsik yang dapat kita temukan dalam suatu karya sastra. Pada umumnya, terdapat 2 latar dalam karya sastra. keduanya adalah latar waktu dan tempat. Latar waktu dapat diartikan sebagai saat terjadinya momen tertentu atau seluruh cerita yang disampaikan dalam karya sastra tersebut. Sementara itu latar tempat merupakan lokasi terjadinya momen tertentu atau cerita tersebut secara keseluruhan. Jika latar tempat dapat dikenali berkat penggunaan kata keterangan tempat, maka latar waktu dapat dikenali berkat penggunaan kata keterangan waktu.

Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan salah satu judul novel sejarah, Gajah Mada Bergelut dalam Takhta dan Angkara. Kemudian, kita diminta untuk menentukan latar tempat dan waktu dalam kutipan novel tersebut.

Berikut kakak akan mencoba menjawa pertanyaan kali ini.

Latar tempat dalam kutipan novel sejarah "Gajah Mada Bergelut dalam Takhta dan Angkara" adalah di Kerajaan Majapahit. Sementara itu, latar waktunya adalah setelah Raja Jayanegara dari Kerajaan Majapahit mangkat.

Mohon diperhatikan, karena pada soal ini tidak disertakan kutipan yang dimaksud, maka kakak mengambil garis besar latar tempat pada novel tersebut. Jika disediakan kutipan yang lebih mendetil tentang momen tertentu, maka latar tempatnya dapat saja berubah.

Contoh lain tentang latar tempat dapat kamu pelajari pada halaman berikut:

brainly.co.id/tugas/9897745

Simpulan:

Latar tempat dalam kutipan novel sejarah "Gajah Mada Bergelut dalam Takhta dan Angkara" adalah di Kerajaan Majapahit.

Kelas: IX

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kategori: Unsur intrinsik dan ekstrinsik

Kode kategori: 9.1.11

Kata kunci: latar tempat, latar waktu