Media tanam daun dewa adalah ?

Posted on

Media tanam daun dewa adalah ?

· Persiapan Lahan

Tidak semua daerah bisa ditanami oleh tanaman daun dewa. Tanaman daun dewa bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik pada daerah dengan ketinggian mencapai 1.200 meter dari permukaan laut atau bisa dikatakan bahwa tanaman daun dewa bisa tumbuh di dataran rendah dengan curah hujan cukup dan bahkan tergolong basah.

Untuk menanam daun dewa, kebuners tidak memerlukan lahan yang besar. Tanaman daun dewa ini bisa tumbuh di lahan seluas 2 meter. Akan tetapi apabila kebuners menginginkan hasil yang maksimal, maka lahan yang diperlukan tidak seluas 2 meter saja.

· Pembibitan

Bibit tanaman daun dewa bisa kebuners dapatkan dengan melakukan steak batang juga tunas akar. Cara mendapatkan bibit tersebut cukup mudah, yaitu dengan menyentak batang sepanjang 15 hingga 20 cm. Kemudian biarkan pada media tanam, maka tanaman daun dewa akan tumbuh dengan sendirinya.

Sembari menunggu tanaman daun dewa tumbuh, kebuners bisa mempersiapkan pupuk dan tanah sebagai media pembibitan daun dewa. Media untuk penanaman daun dewa bisa dengan menggunakan polybag atau media lainnya. Setelah bibit tanaman daun dewa tumbuh, bibit tersebut kemudian ditanam di dalam media yang sudah disiapkan. Caranya yaitu dengan membenamkan setengah bagian dari bibit tersebut dan selanjutnya biarkan tanaman daun dewa tersebut tumbuh.

· Penanaman

Pada saat tanaman daun dewa berumur kurang lebih 3 bulan, maka umbi dari tanaman daun dewa bisa ditanam di lahan secara langsung. Kemudian biarkan tanaman daun dewa tumbuh hingga mencapai ketinggian 15 cm. Setelah itu, tanaman daun dewa bisa dipotong dan ditanam kembali.

· Pemupukan

Pupuk yang digunakan dalam proses budidaya tanaman daun dewa adalah pupuk kandang. Atau apabila kebuners menginginkan hasil yang cepat dan optimal bisa juga dengan menggunakan pupuk buatan pabrik. Pupuk yang diberikan pada setiap media atau tanaman daun dewa adalah sebesar 5 gram. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara memasukkan pupuk pada tanah pada 5 atau 7 hari sebelum bibit tanaman daun dewa ditanam ke tanah.

· Perawatan

Sebenarnya perawatan tanaman daun dewa terbilang cukup mudah. Yang perlu diperhatikan dalam masa pertumbuhan daun dewa adalah memastikan kecukupan air serta mencegah tanaman daun dewa dari serangan hama atau serangga penganggu hingga tanaman daun dewa berumur 4 bulan. Setelah itu tanaman daun dewa sudah bisa dipenen.

· Pemanenan

Cara pemanenan tanaman daun dewa kurang lebih sama dengan memanen tembakau. Tanaman daun dewa yang sudah cukup umur selanjutnya dipanen. Pemanenan dilakukan dengan cara memetik bagian daun 4 atau 5 helai daun.

Kasih jawaban terbaik ya…. ^_^

Umbi soalnya aku juga tanam. pake umbi