13. Golongkan materi berikut tergolong unsur, senyawa, campuran hoogen dan campuran heterogen! a. Aspal b. Platina c. Urea d. Belerang e. Tanah f. Kuningan g. Sirup h. Garam Dapur

Posted on

13. Golongkan materi berikut tergolong unsur, senyawa, campuran hoogen dan campuran heterogen! a. Aspal b. Platina c. Urea d. Belerang e. Tanah f. Kuningan g. Sirup h. Garam Dapur

Jawaban Terkonfirmasi

13. Golongkan materi berikut tergolong unsur, senyawa, campuran hoogen dan campuran heterogen! a. Aspal b. Platina c. Urea d. Belerang e. Tanah f. Kuningan g. Sirup h. Garam Dapur

Jawab:

Untuk menjawab dan mengklasifikasikan jenis-jenis di atas, maka kita harus paham terlebih dahulu tentang pengertian Unsur, senyawa, dan Campuran.

Unsur adalah suatu zat yang murni yang tidak dapat disederhanakan atau diuraikan lagi hanya dengan reaksi kimia sederhana.

unsur-unsur dalam kimia telah ditempatkan sesuai dengan sifat dan karakteristiknya masing-masing dalam bentuk tabel yang dikenal dengan Tabel Periodik Unsur.

adapun berdasarkan list di atas yang termasuk dalam kategori unsur adalah

b. Platina

Platina merupakan unsur yang dinotasikan atau dilambangkan dengan Pt, memiliki nomor atom 78. Platina merupakan golongan unsur transisi yaitu tepatnya golongan VIII B Periode 6.

Platina memiliki sifat yang tidak reaktif sehingga banyak dimanfaatkan sebagai katalis dalam reaksi kimia dan juga banyak di aplikasikan dalam peralatan-peralatan laboratium serta sebagai bahan investasi selain emas.

d. Belerang

Belerang merupakan unsur yang dinotasikan atau dilambangkan dengan S, memiliki nomor atom 16. Belerang merupakan golongan unsur utama yaitu tepatnya golongan VI A Periode 3.

Belerang merupakan mineral-mineral berwarna kuning yang banyak di temukan di kawah gunung berapi.

Senyawa adalah suatu zat tunggal yang tersusun dari 2 unsur atau lebih atau bisa diartikan juga sebagai zat tunggal yang bisa diuraikan menjadi unsur-unsur penyusunnya yang terdiri dari 2 unsur penyusun atau lebih.

Adapun dari list di atas yang dapat dikategorikan sebagai senyawa adalah:

a. Aspal

Aspal merupakan hasil samping dalam pengolahan minyak bumi yang banyak digunakan sebagai perekat untuk jalan raya. Aspal digolongkan sebagai senyawa Hidrokarbon yang didalamnya tersusun dari berbagai macam unsur seperti Karbon sebagai unsur penyusun utamanya, oksigen, hidrogen, nitrogen, sulfur, dll.

c. Urea

Urea memiliki rumus kimia (NH₂)₂CO, yaitu suatu senyawa yang tersusun dari 4 jenis unsur yaitu Nitrogen (N), Hidrogen (H), Karbon (C), dan Oksigen (O) yang banyak digunakan sebagai pupuk dalam bidang pertanian untuk menambah unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

h. Garam Dapur

Garam dapur atau dalam kimia memiliki rumus NaCl terdiri dari 2 unsur penyusun yaitu Natrium (Na) dan Klorida (Cl). Garam dapur merupakan kristal yang banyak digunakan sebagai bahan perasa dan penyedap pada masakan.

Campuran adalah gabungan dari 2 zat atau lebih yang secara kimiawi tidak bisa bersatu karena zat-zat penyusun yang masih mempertahankan sifat-sifatnya.

Campuran secara kasat mata dibagi menjadi 2 yaitu campuran homogen dan heterogen.

Campuran homogen merupakan campuran yang tampak tidak ada perbedaan yang terlihat secara visual mata namun secara kimia zat-zat tersebut tidak mengalami reaksi.

Campuran heterogen merupakan campuran yang tampak jelas terpisan diantara zat-zat penyusunnya.

adapun dari list di atas yang tergolong dalam campuran adalah:

e. Tanah

Tanah merupakan campuran dari berbagai senyawa yang ada di bumi, mulai dari mineral logam, dan non logam. Tanah memiliki campuran yang berbeda bergantung pada letak geografis daerahnya.

f. Kuningan

Kuningan merupakan campuran antara logam tembaga dan logam seng yang banyak dimanfaatkan sebagai kerajinan atau segala sesuatu yang berhubungan dengan listrik serta kendaraan bermotor.

g. Sirup

Sirup merupakan minuman hasil pencampuran berbagai macam senyawa dalam pelarut air, seperti gula, perasa, dan pewarna.

Demikian penjelsan dan pengklasifikasiannya, semoga bisa membantu.

Pelajari soal-soal Materi Kimia lainnya melalui link berikut:

brainly.co.id/tugas/17289055

brainly.co.id/tugas/17346632

brainly.co.id/tugas/17058485

Selamat Belajar dan Tetap Semangat!!!

——————————————————————————————————————

Kelas : X

Mapel : KIMIA

BAB : Materi

Kata Kunci : unsur, senyawa, campuran, contoh, materi, alam

Kode : 10.7.1.

—————————————————————————————————————–