Kenapa terjadi perjalanan atau perjuangan geriliya …?​

Posted on

Kenapa terjadi perjalanan atau perjuangan geriliya …?​

Jawaban:

Awal mula terjadinya perang ini yakni pasukan tentara Belanda melakukan serangan penyerangan militer ke II melakukan serangan dari udara laut dan darat keseluruh wilayah nusantara. Pada tanggal 19 Desember 1948. Tujuanya ialah menguasai nusantara kembali dengan cara keseluruhan.

Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa perang gerilya adalah tekhnik mengepung dengan cara tak terkesan. Setiap target yang diserang belanda, banyak yang telah kosong, namun pada saat yang tak disangka-sangka, tentara republik menyerang kedudukan Belanda dengan cepat. Akibatnya, koordinasi Belanda menjadi tidak seimbang dan mereka terpukul mundur.

Perjalanan bergerilya selagi delapan bulan ditempuh tak lebih lebih 1.000 km di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sering Sudirman wajib ditandu alias digendong sebab dalam keadaan sakit keras. Seusai berpindah-pindah dari berbagai desa rombongan Soedirman kembali ke Yogyakarta pada tanggal 10 Juli 1949.

Perlawanan gerilyanya Jenderal Sudirman ini ditetapkan sebagai sarana pengembangan esprit de corps bagi tentara Indonesia, dan rute gerilya yang ditempuhnya harus diikuti oleh taruna Indonesia sebelum lulus dari Akademi Militer (Akmil).

Jawaban:

karena banyak digunakan , selama perang kemerdekaaan di indonesia pada periode 1950 an

Penjelasan:

maaf kalau salah