Carilah minimal tiga berita utama yg isinya sama dari tiga media yg berbeda ​

Posted on

Carilah minimal tiga berita utama yg isinya sama dari tiga media yg berbeda ​

Jawaban:

1

alfasitompul765

05.10.2018

B. Indonesia

Sekolah Menengah Pertama

+5 poin

Terjawab

Carilah minimal 3 berita utama yng isinya sama dari tiga media yang berbeda

1

LIHAT JAWABAN

Masuk untuk menambahkan komentar

Jawaban terverifikasi ahli

4,3/5

43

josuasonakmalel

Jenius

6.6 rb jawaban

41.3 jt orang terbantu

Carilah minimal 3 berita utama yng isinya sama dari tiga media yang berbeda

Jawaban

Pendahuluan

Dalam dunia jurnalistik, kita mengenal istilah berita utama. Berita utama merupakan istilah yang disematkan kepada suatu berita yang dianggap sangat penting oleh tim redaksi media massa untuk diketahui masyarakat. Ada dua ciri khas berita utama. Pertama, berita utama selalu ditempatkan pada halaman terdepan suatu media massa atau ditayangkan pada waktu-waktu dengan jumlah penonton paling banyak. Kedua, jika ditayangkan pada media cetak, berita utama selalu disertai dengan judul berukuran besar. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian dari para pembacanya.

Penjelasan:

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk mencari minimal 3 berita utama yang isinya sama dari tiga media yang berbeda.

Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Kali ini, kakak akan memilih topik gempa di Palu untuk memudahkan pencarian.

Berita utama 1

Sumber: Tribun News

Kepsek SMAN 87 Dengar Pengakuan Murid soal Guru N Diduga Sebarkan Pesan Anti-Jokowi

Kepala Sekolah SMA Negeri 87 Jakarta, Patra Patiah, memberikan penjelasan terkait kabar guru agama SMA diduga menyebarkan pesan anti-Jokowi di hadapan murid.

Patra menjelaskan hal itu berawal pada Kamis (4/10/2018), ada yang mengirimkan sms dari nomor tak dikenal kepadanya, tentang pengaduan kepada guru yang dalam pengajaran dikatakan menyimpang.

Patra baru menjawab setelah SMS ke tiga, karena harus menafsirkan pesan itu secara seksama. Ia membalas kepada nomor yang mengadukan akan menindaklanjuti laporan tersebut pada Senin (8/10/2018).

Patra pun membentuk tim yang terdiri dari para wakil kepala sekolah untuk menginvestigasi masalah tersebut.

"Tolong selidiki pengaduan ini kebenarannya. Ambil sampel beberapa siswa yang diajarkan guru yang bersangkutan," ujarnya di depan ruangannya di Jalan Mawar Bintaro II, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/2018).

"Ada beberapa murid yang saya ambil sampel, tidak semua, namun ada murid yang menyatakan beliau suka berpolitik. Nah berpolitik ini saya tidak paham, karena saya tidak pernah masuk ketika dia mengajar," tambahnya.Berita utama 2

Sumber: Kompas

Guru SMAN 87 Jakarta Akhirnya Minta Maaf kepada Presiden Jokowi

Seorang guru agama di SMAN 87 Jakarta, NK (sebelumnya disebut N), dilaporkan telah memberi doktrin anti Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepada murid-muridnya dalam kegiatan belajar mengajar. Kepala Sekolah SMAN 87 Jakarta, Patra Patiah, mengatakan dia telah memeriksa NK. Walau membantah telah memberi doktrin anti Presiden, NK tetap meminta maaf. "Beliau sudah meminta maaf," kata Patra di SMAN 87 Jakarta, Rabu (10/10/2018). Baca juga: Bawaslu Selidiki Guru SMAN 87 yang Diduga Beri Doktrin Anti-Jokowi NK menolak diwawancarai wartawan. Melalui Patra, ia menyampaikan secarik surat bermaterai berisi permohonan maaf. Berikut isi suratnya: Menyatakan bahwa: 1. Paska gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah saya melakukan refleksi pembelajaran di masjid dengan menggunakan media video tentang bencana gempa dan tsunami 2. Selama dan setelah pemutaran video saya memberikan penjelasan/komentar tentang isi video. Ada kemungkinan saya salah ucap atau siswa salah mempersepsikan kalimat-kalimat penjelasan saya. …

Berita utama 3

Sumber: Detik News

Kontroversi Guru SMA 87 Dituding Doktrin Anti-Jokowi

Seorang guru SMA Negeri 87 Jakarta, Nelty Khairiyah, dituding memberikan doktrin untuk membenci Presiden Jokowi kepada peserta didiknya. Nelty langsung minta maaf.

"Kalau pembinaan, saya sudah (lakukan). Dia berjanji tidak akan mengulang lagi dan telah meminta maaf," ujar Kepala SMAN 87 Jakarta Patra Patriah saat ditemui di kantornya, Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/2018).

Patra tak tahu persis bagaimana kejadiannya. Namun sempat viral aduan mengenai materi pelajaran yang diberikan oleh Nelty. Materi itu dinilai mengandung unsur doktrin yang menyudutkan Presiden Jokowi.

Dalam aduan yang viral tersebut, si pengadu yang mengaku orang tua murid menyebut anaknya dan siswa SMAN 87 lainnya dikumpulkan guru N di suatu tempat dan kepada mereka ditunjukkan video gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Masih dalam aduan itu, si pengadu menjelaskan guru N menyebut banyaknya korban bergelimpangan akibat gempa merupakan salah Jokowi. Pengadu berkeberatan terhadap tindakan N yang dianggap telah melakukan doktrin anti-Jokowi.

Kesimpulan

Berita utama merupakan berita yang menjadi perhatian masyarakat atau dinilai penting oleh tim redaksi media massa untuk diketahui publik.