Tuliskan keterbatasan sumber daya manusia yg dimiliki indonesia

Posted on

Tuliskan keterbatasan sumber daya manusia yg dimiliki indonesia

  Masalah-masalah SDM di Inonesia

Masalah-masalah yang timbul dalam sumber daya manusia di indonesia adalah:

1.    Kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas.

Sumber daya manusia yang berkualitas adalah SDM yang komperhensip dalam berpikir dan selalu mengantisipasi tuntutan di masa depan, memiliki sikap positif, berperilaku terpuji, dan berwawasan, serta memiliki kemampuan, keterampilan , dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan diberbagai bidang serta sektor pembangunan.

2.    Kurangnya tingkat pendidikan yang tinggi yang disediakan sumber daya manusia.

3.    Kurangnya keterampilan sumber daya manusia. 

4.    Kurangnya keahlian sumber daya manusia

5.    Keterbatasan penyediaan kesempatan kerja.

6.    Rendahnya tingkat pendapatan per kapita sumber daya manusia.

7.    Rendahnya ilmu pengetahuan yang dimiliki sumber daya masyarakat.

Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai kenyataan dalam alam manusia.

8.    Kurangnya pengetahuan teknologi
9.    Pembangunan perekonomian di setiap daerah tidak merata. disebabkan perekonomian yang kurang lancar disuatu negara pembangunan perekonomian. Apabila pembangunan perekonomian suatu daerah maju atau lancar, maka lapangan pekerjaan yang tersedia
10.  Rendahnya produktivitas tenaga output dalam satu satuan waktu tertentu. Produktivitas tenaga kerja
11. Adanya ketimpangan antara jumlah kesempatan kerja dan angkatan kerja. 

12. Rendahnya mutu hasil pendidikan.

13. Tingginya pertumbuhan penduduk 

15. Minimnya pelatihan dan keterampilan sumber daya manusia. 
Minimnya pelatihan dan keterampilan sumber daya manusia adalah terbatasnya kemampuan seseorang karena kurangnya pengetahuan dan berlatih untuk menguasai keterampilan tertentu.
16. Tingginya tingkat kemiskinan
17. Rendahnya tingkat pendidikan formal. 
Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Pendidikan formal terdiri dari pendidikan formal berstatus negeri dan pendidikan formal berstatus swasta.
18. Rendahnya tingkat kemajuan dan pelayanan kesehatan.
Pelayanan kesehatan adalah sebuah konsep yang digunakan untuk memberikanlayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat.
19. Inflasi dan Tingkat Pengangguran yang Terus Meningkat.
Inflasi atau kenaikan tingkat harga secara umum dan terus menerus bagi sebuah negara sebenarnya merupakan hal yang wajar, selama tidak melebihi batas normal, berlangsung singkat dan masih dapat terkendalikan oleh pemerintah.Inflasi ini dianggap berbahaya karena dapat menyebabkan dampak negatif seperti menurunkan tingkat kesejahteraan rakyat, memburuknya distribusi pendapatan dan mengganggu stabilitas ekonomi. Seperti halnya inflasi, pengangguran yang terus meningkat merupakan masalah bagi pebangunan ekonomi.Pengangguran yang terus meningkat biasanya berdampak buruk terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat dan stabilitas nasional.
20. Masalah Pemerataan Pendapatan.
Masalah lain yang dihadapi pemerintah dalam melaksanakan pembangunan ekonomi  adalah masalah pemerataan pembangunan. Pembangunan ekonomi Indonesia terkonsentrasi hanya di kota-kota besar terutama di Pulau Jawa dan didominasi oleh kelompok tertentu.Pada hakikatnya, pembangunan nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya sehingga keberhasilan pembangunan nasional tidak hanya diukur dengan keberhasilan dibidang ekonomi (secara materi).

                                                            

Permasalahan SDM Indonesia dalam Persaingan Global
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Masalah ketenagakerjaan di Indonesia sekarang ini sudah mencapai kondisi yang cukup memprihatinkan ditandai dengan jumlah pengangguran dan setengah pengangguran yang besar, pendapatan yang relatif rendah dan kurang merata. Sebaliknya pengangguran dan setengah pengangguran yang tinggi merupakan pemborosan. Pemborosan sumber daya dan potensi yang ada, menjadi beban keluarga dan masyarakat. Sumber utama kemiskinan, dapat mendorong peningkatan keresahan sosial dan kriminal, dan dapat menghambat pembangunan dalam jangka panjang.

Pembangunan bangsa Indonesia kedepan sangat tergantung pada kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang sehat fisik dan mental serta mempunyai keterampilan dan keahlian kerja, sehingga mampu membangun keluarga yang bersangkutan untuk mempunyai pekerjaan dan penghasilan yang tetap dan layak, sehingga mampu memenuhi kebutuhan hidup, kesehatan dan pendidikan anggota keluarganya.