1. Tuliskan macam macam gerakan lompat jauh

Posted on

2. Jelaskan cara melakukan awalan lompat jauh

3. Jelaskan cara melakukan tumpuan dalam lompat jauh

4. Jelaskan melakukan melayang di udara lompat jauh gaya jongkok

5. Jelaskan cara mendarat lompat jauh gaya jongkok

1. Tuliskan macam macam gerakan lompat jauh

Jawaban Terkonfirmasi
  1. Gaya dalam lompat jauh yaitu: Gaya jongkok (ortodoks), Gaya gantung (Schneper),  Berjalan di udara (berjalan di udara)
  2. Cara melakukan awalan lompat jauh yaitu: Lompat jauh start atau bujur sangkar dilakukan dengan  berlari secepat mungkin dari garis start ke titik start.
  3. Cara melakukan tumpuan pada lompat jauh yaitu: Ayunkan kaki Anda secara horizontal untuk berdiri tegak. Saat mendorong, rentangkan sendi pergelangan kaki, lutut, dan pinggul Anda. Lompat ke depan dengan satu kaki dengan sudut push-off 45 derajat.
  4. Cara melakukan melayang diudara dalam lompat jauh yaitu: Pada lompat jauh gaya jongkok,  badan dimiringkan ke depan, tangan diangkat, kaki diayunkan ke depan, dan kedua lutut ditekuk untuk melakukan latihan melayang di udara seperti orang jongkok.
  5. Cara yang baik untuk mendarat dalam gaya jongkok lompat jauh  adalah dengan meregangkan kaki sedikit  ke depan dan menjaga tubuh tetap condong ke depan.

Pembahasan

Lompat jauh adalah  bentuk lompat yang melibatkan mengangkat kaki ke  depan dan menjaga pusat gravitasi di udara (mengambang di udara) selama mungkin. Ini dilakukan dengan cepat dan mendorong satu kaki untuk mencapai maksimum. Tujuan dari lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompat sejauh mungkin. Perhatian  khusus pada masalah teknis telah terbukti bermanfaat bagi atlet dalam kompetisi. Faktor-faktor yang mempengaruhi lompat jauh maksimum termasuk panjang kaki, ledakan otot kaki, kecepatan lari  awalan, push-off atau lift-off, postur udara, dan pendaratan. Selain itu, atlet  memiliki kekuatan, daya ledak, kecepatan, ketepatan, kelenturan, dan penyesuaian gerakan untuk memahami dan menguasai teknik-teknik melakukan gerakan lompat jauh, sehingga cepat, tepat, fleksibel, dan harus dapat berlari dengan lancar.

Pelajari lebih lanjut

Detail Jawaban

Kelas: 7

Mapel: Penjaskes

Bab: Bab 3 Aktivitas Atletik

Kode: 7.22.3

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3