Apa yang dilakaukan oleh bangsa Indonesia akibat penderitaan yang terus menerus

Posted on

Apa yang dilakaukan oleh bangsa Indonesia akibat penderitaan yang terus menerus

Jawaban:

bangkit dan berjuang untuk mempertahankan bangsa Indonesia

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU

Soal:

Apa yang dilakukan oleh bangsa Indonesia akibat penderitaan yang terus menerus….?

Jawaban:

Yang dilakukan oleh bangsa Indonesia akibat penderitaan yang terus menerus adalah bangkit dan bersatu guna melakukan perlawanan untuk mengusir penjajah.

Pembahasan:

Perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat di Indonesia menyebabkan perubahan masyarakat Indonesia dalam berbagai bidang. Pemerintah kolonial menerapkan kebijakan yang merugikan bangsa Indonesia akibatnya bangsa Indonesia melakukan perlawanan untuk mengusir penjajah. Untuk mengetahui bagaimana kebijakan pemerintah kolonial terhadap bangsa Indonesia simak penjelasan berikut ini.

  • Pengaruh Monopoli dalam Perdagangan

Pada awal kedatanganya, bangsa-bangsa Barat diterima dengan baik oleh rakyat Indonesia. Hubungan perdagangan tersebut kemudian berubah menjadi hubungan penguasaan atau penjajahan. VOC terus berusaha memperoleh kekuasaan yang lebih dari sekedar jual-beli, itulah yang memicu kekecewaan, kebencian, dan perlawanan fisik. Pada awalnya VOC meminta keistimewaan hak-hak dagang. Akan tetapi, dalam perkembanganya menjadi penguasaan pasar (monopoli). VOC menekan para raja untuk memberikan kebijakan perdagangan hanya dengan VOC. Akhirnya, VOC bukan hanya menguasai daerah perdagangan, tetapi juga menguasai politik atau pemerintahan.

  • Pengaruh Kebijakan Kerja Paksa

Kerja paksa pada masa pemerintah Belanda banyak ditemukan di berbagai tempat. Banyak penduduk yang dipaksa menjadi budak dan diperkerjakan di berbagai perusahaan tambang ataupun perkebunan. Kekejaman Belanda ini masih dapat kalian buktikan dalam berbagai kisah yang ditulis dalam buku-buku sejarah dan novel.

  • Nah, sekarang dapat disimpulkan bahwa yang dilakukan oleh bangsa Indonesia akibat penderitaan yang berkepanjangan adalah bangkit dan bersatu guna melakukan perlawanan untuk mengusir penjajah//.

_________________

_________________

_________________

Detail Jawaban:

  • Mapel : Sejarah
  • Kelas : XI
  • Bab : 1 (Bangsa Eropa di Indonesia)
  • Kode Kategorisasi : 11.3.1
  • Kata Kunci : Penderitaan bangsa Indonesia dan Perlawanan rakyat Indonesia.

Semoga sukses ^_^