Coba sebutkan nama tempat suci yang ada di umat Mandala!​

Posted on

Coba sebutkan nama tempat suci yang ada di umat Mandala!​

Jawaban:

pura

Penjelasan:

maap

kalok

salah

maap yh

Jawaban:

utama mandala

Penjelasan:

"Bagi umat Hindu, Utama Mandala merupakan area paling disucikan, karena sebagai tempat sembahyang," ucap Made Sutapa selaku Pengempon Pura Agung Giri Natha, Selasa, (21/1) sore.

Di area Utama Mandala terdapat patung besar menjulang tinggi yang disebut Padmasana, berwarna hitam dengan ukiran khas jawa, sebagai perantara pemujaan Sang Hyang Widhi.

Di sebelah kiri Padmasana terdapat Pepelik bersama gentong air suci berisi seratus delapan mata air dari seluruh penjuru dunia.

"Sebelah kiri Padamasana bernama Pepelik, bersama gentong air suci berisi seratus delapan mata air dari seluruh penjuru dunia," tambahnya.

Taman Sari sebelah Pepelik turut menghiasi Utama Mandala, bersama Bale Ringgit yang berfungsi sebagai tempat pembuat sesajen serta digunakan tempat sembahyang.

Sebelah kanan Padamasana berdiri patung berwarna hitam yang bernama Penglurah, sebagai penjaga jika ada niat yang tidak baik dari pengunjung.

Menghadap lurus dengan Padmasana berdiri Bale Pawedan yang digunakan pemuka agama memimpin upacara dan tempat menaruh sesajen atau banten.

Sebelah kiri Bale Pawedan berdiri Bale Simpen, sebagai tempat penyimpanan pusaka yang disucikan.

Menambah keindahan area Utama Mandala tumbuh beragam tanaman seperti pohon ponja, kembang sepatu, tebu, andong dan beragam tanaman untuk kebutuhan sesajen sembahyang.

"Beragam tanaman yang tumbuh di area Utama Mandala, sebagai sesajen untuk kebutuhan sembahyang," pungkasnya.