Masalah kependudukan yang muncul pada wilayah yang komposisi penduduknya seperti gambar yaitu

Posted on

a .meningkatnya jumlah kelahiran
b .menurunnya populasi angkatan kerja
C .menurun di usia harapan hidup penduduk
D .Tingginya tingkat ketergantungan penduduk ​

Masalah kependudukan yang muncul pada wilayah yang komposisi penduduknya seperti gambar yaitu

Masalah kependudukan yang muncul pada wilayah yang komposisi penduduknya seperti gambar yaitu

Jawaban Terkonfirmasi

Masalah kependudukan yang muncul pada wilayah yang komposisi penduduknya seperti gambar yaitu menurunnya populasi angkatan kerja (b). Gambar tersebut merupakan gambar piramida penduduk stationer, yaitu piramida penduduk yang mengindikasikan bahwa jumlah kelahiran sama dengan jumlah kematian. Selain itu, piramida stationer juga mengindikasikan bahwa jumlah penduduk usia muda hampir seimbang dengan jumlah penduduk usia tua.

Pembahasan

Dinamika kependudukan merupakan perubahan jumlah penduduk setiap tahun yang dipengaruhi oleh kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan migrasi penduduk. Dinamika kependudukan menggambarkan pertumbuhan penduduk yang terdiri dari dua jenis, yaitu

  1. Pertumbuhan penduduk alami, merupakan pertumbuhan penduduk yang dipengaruhi oleh faktor kelahiran (natalitas) dan kematian (mortalitas).
  2. Pertumbuhan penduduk total, merupakan pertumbuhan penduduk yang dipengaruhi oleh faktor, kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan migrasi.

Pelajari lebih lanjut tentang pertumbuhan penduduk di:
brainly.co.id/tugas/8197020.

Perlu kamu ketahui bahwa komposisi penduduk dapat digambarkan dalam bentuk piramida penduduk. Data komposisi penduduk pada piramida penduduk mencakup data penduduk berdasarkan:

  1. Jenis kelamin, merupakan komposisi penduduk yang terdiri dari penduduk laki-laki dan penduduk perempuan yang dapat digunakan untuk menghitung seks ratio.
  2. Usia, merupakan komposisi penduduk yang terdiri dari penduduk usia produktif (15 – 64 tahun) dan penduduk usia non produktif (0 -14 tahun dan lebih dari 64 tahun) yang dapat digunakan untuk menghitung angka beban ketergantungan penduduk.

Piramida penduduk diklasifikasikan menjadi tiga jenis berikut ini:

  1. Piramida penduduk muda (ekspansif), merupakan piramida penduduk yang mengindikasikan bahwa jumlah kelahiran lebih banyak daripada jumlah kematian.
  2. Piramida penduduk tetap (stationer), merupakan piramida penduduk yang mengindikasikan bahwa jumlah kelahiran sama dengan jumlah kematian.
  3. Piramida penduduk tua (konstruktif, merupakan piramida penduduk yang mengindikasikan bahwa jumlah kematian lebih besar daripada jumlah kelahiran.

Pelajari lebih lanjut tentang piramida penduduk di: brainly.co.id/tugas/4687276.

Detil jawaban

Kelas: XI

Mapel: Geografi

Bab: Dinamika Kependudukan Indonesia

Kode: 11.8.5

#AyoBelajar