Hubungan antropologi dengan kependudukan?

Posted on

Hubungan antropologi dengan kependudukan?

Jawaban:

Antropologi kependudukan (demografi) adalah spesialisasi dalam demografi yang menggunakan teori dan metode antropologis untuk memberikan pemahaman demografis yang lebih baik tentang fenomena dalam populasi saat ini dan masa lalu. Asal-usulnya dan pertumbuhan yang berkelanjutan terletak pada persimpangan antara demografi dan antropologi sosial-budaya dan dengan upaya mereka untuk memahami proses populasi, terutama kesuburan (fertilitas), migrasi, dan kematian. Kedua disiplin ilmu tersebut (antropologi dan demografi) berbagi objek penelitian umum, yaitu populasi manusia dan fokus pada aspek yang saling melengkapi dari objek penelitiannya. Demografi secara statistik berorientasi dan terutama berkaitan dengan dinamika jumlah populasi dan struktur dan variasinya melintasi ruang dan waktu, sedangkan antropologi sosial-budaya bersifat interpretatif dan berfokus pada organisasi sosial yang membentuk produksi dan reproduksi populasi manusia.

SEMOGA MEMBANTU!

Antropologi Kependudukan merupakan kajian yang mempelajari cara mengatasi permasalahan kependudukan dalam latar belakang serta kondisi sosial dan budaya masyarakat.

Hubungan dari keduanya (antropologi dengan kependudukan) adalah materi atau solusi untuk memberi pemahaman demografis tentang fenomena dalam populasi sekarang atau masa lalu yang berkelanjutan antara demografi dan antropologi sosial-budaya dan dengan upaya mereka untuk memahami proses populasi dan hal yang menyangkut latar belakang sosial.