No.|contoh peristiwa konduksi dan penjelasan​

Posted on

No.|contoh peristiwa konduksi dan penjelasan​

No.|contoh peristiwa konduksi dan penjelasan​

Contoh peristiwa konduksi dan penjelasannya :

1. Merapikan pakaian dengan setrika.

Penjelasan :  Setrika listrik mengubah energi listrik menjadi panas. Panas yang dihasilkan dimanfaatkan manusia untuk merapikan pakaian sehingga pakaian menjadi rapi.

2.Cangkir yang Terasa Panas Saat Diisi Air Panas

penjelasan: Saat kosong cangkir tidak terasa panas dan memiliki suhu yang hampir sama dengan ruangan tempatnya disimpan. Saat dimasukkan air panas, cangkir perlahan menghangat.

Dilansir dari The Physics Classroom, air panas memiliki energi kinetik yang sangat tinggi dan memengaruhi partikel-partikel pembentuk cangkir.

Partikel cangkir akan ikut bergetar dengan kuat pada tempatnya dan akan terus menjalar keseluruh cangkir. Hal ini menyebabkan cangkir menjadi panas karena perpindahan panas secara konduksi.

3. Pembuatan wajan berbahan logam.

Penjelasan: Wajan yang dibuat dengan logam dapat membantu manusia dalam melakukan aktivitas memasak. Proses yang terlibat pada saat memanaskan minyak goreng atau melelehkan mentega adalah proses konduksi di mana panas disalurkan dari wajan yang terbuat dari logam pada minyak atau mentega sehingga menjadi panas dan daat digunakan untuk menggoreng.

4. Sendok Logam Menjadi Panas Saat Digunakan Mangaduk Air Panas penjelasan: Kamu akan membuat kopi, memasukkan kopi dan air panas ke dalam cangkir. Lalu kamu menggunakkan sendok untuk mengaduk kopi tersebut. Jika sendok tetap dibiarkan dalam cangkir berisi kopi panas, sendok juga perlahan akan memanas. Hal ini terjadi karena kopi panas mengalirkan panas ke setikarnya secara konduksi, termasuk pada sendok logam. Panas akan terus dialirkan ke lingkungan sekitar oleh kopi panas hingga tercapai kesetimbangan antara suhu lingkungan dan kopi. Inilah mengapa kopi panas cepat dingin di daerah bersuhu rendah, karena perpindahan panasnya lebih cepat.

5. Memanaskan Benda Memanaskan panci diatas api adalah proses perpindahan panas secara konduksi.

Penjelasan: Memanaskan benda dengan api seperti membakar kayu dan melebur besi adalah contoh peristiwa konduksi. Menyetrika baju juga adalah peristiwa konduksi dimana panas dari setrika berpindah ke baju.

  • Answer by Aisyah Nurul

# jadikan jawaban yg terbaik yaaa

# tetap semangat belajarnnya

Contoh peristiwa konduksi :

a. Ceret menjadi panas ketika diletakkan di atas kompor yang menyala.

b. Oven atau pemanggang menjadi panas ketika disambungkan dengan listrik.

c. Mesin motor dan mobil menjadi panas ketika dinyalakan.

d. Setrika listrik menjadi panas ketika disambungkan dengan listrik.

e. Sendok logam menjadi panas ketika dimasukkan ke dalam gelas yang beisi air panas.