Bikin teks eksplanasi​

Posted on

Bikin teks eksplanasi​

Gunung Meletus

– Pernyataan Umum
Gunung meletus merupakan bencana alam yang diakibatkan oleh meletusnya gunung berapi yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Jenis lahar yang dikeluarkan pun berbeda-beda. Ada yang mengeluarkan lahar panas ada juga yang mengeluarkan lahar dingin. Biasanya gunung meletus juga disertai dengan keluarnya material lain yang berasal dari gunung merapi.

– Urutan Sebab Akibat
Gunung berapi dengan status aktif bisa meletus kapan saja yang disebabkan oleh adanya aktivitas ekstrusi magma. Aktifitas tersebut terjadi saat magma mencapai permukaan bumi. Peristiwa gunung meletus biasa terjadi di daerah dengan dataran tinggi yang terdapat gunung berapi di sekitarnya. Selain adanya aktivitas gunung berapi, gunung meletus dapat bisa disebabkan oleh gempa bumi (seisme).

– Interpretasi
Peristawa gunung meletus biasanya terjadi dalam kurun waktu tertentu. Di Indonesia banyak gunung berapi yang masih aktif dan biasanya memiliki siklus peningkatan aktifitas yang terjadi dalam beberapa tahun sekali. Jika kamu tinggal disekitar gunung aktif jangan takut atau khawatir berlebihan. Dengan mengenali gejala bencana alam, maka kamu dapat menyelamatkan diri.