Jelaskan perkembabgbiakan generatip pda padi

Posted on

Jelaskan perkembabgbiakan generatip pda padi

Jawaban:

Fase Generatif ditandai dengan memanjangnya ruas teratas pada batang, berkurangnya jumlah anakan yang akan terbentuk, munculnya daun bendera, dan pembungaan. Fase pembungaan membutuhkan waktu selama 10 hingga 14 hari.

Fase ini bisa disebut fase pembungaan bila 50% bunga telah keluar. Keseragaman pembungaan ditentukan oleh dosis dan jenis pupuk susulan. Tidak dianjurkan untuk menggunakan pupuk dengan unsur nitrogen (N) yang berlebih pada pemupukan ke-3 karena dapat menghambat proses pembungaan. Pada fase penyerbukan, yang ditandai dengan keluarnya benang sari dari tiap cabang, tidak dianjurkan untuk melakukan penyemprotan karena dapat mengganggu jatuhnya benang sari ke kepala putik sehingga menyebabkan biji hampa.

Penjelasan:

Padi tidak memiliki spora, karena tanaman ini berkembang biak secara generatif atau kawin. Tepatnya, padi melakukan proses perkecambahan biji sebagai cara berkembangbiaknya.

Secara garis besar, proses perkembangbiakan padi terjadi ketika alat kelamin jantan dan betina saling bertemu lewat bantuan angin. Setelah bereproduksi, tanaman ini membutuhkan waktu puluhan hari untuk tumbuh dan berkembang menjadi padi.

Fase pertumbuhan tanaman padi dibagi menjadi tiga tahapan penting, yakni:

1. Fase vegetatif (hari ke-0 hingga hari ke-60)

Fase ini merupakan tahap padi mengalami awal pertumbuhan hingga proses pembentukan malai atau bunga.

2. Fase generatif (hari ke-60 hingga hari ke-90)

Fase ini merupakan tahap padi akan melakukan proses reproduksi, yakni mulai dari awal pembentukan malai hingga proses perkawinan.

3 Fase pemasakan (hari ke-90 hingga hari ke-120) pada fase ini merupakan tahap padi akan mengalami proses pematangan setelah melakukan proses reproduksi.

Semoga membantu dan tidak keliru