Sebutkan 2 budaya lokal non benda dan tuliskan cerita rakyatnya apa, mitos nya bagaimana dan nama tarian nya ,buatlah pantun dari isi ceritanya tersebut !

Posted on

jawablah masing² 2!

minta tolong jwb kakak​

Sebutkan 2 budaya lokal non benda dan tuliskan cerita rakyatnya apa, mitos nya bagaimana dan nama tarian nya ,buatlah pantun dari isi ceritanya tersebut !

Jawaban:

Budaya non benda adalah kebudayaan yang mengacu pada hasil karya yang bersifat abstrak, misalnya seni pertunjukan, upacara adat, lagu daerah maupun cerita rakyat.

Penjelasan:. 1.CERITA RAKYAT DANAU TOBA


Cerita tentang asal mula adanya danau toba. Dimana ada seorang pria bernama toba menikahi putri ikan. Mereka memiliki anak bernama Samosir. Pada suatu hari ketika Samosir kelaparan. Ia pun memakan sebagian makanan Toba. Toba terkejut sekali, dan berkata "Dasar kau anak ikan!". Akhirnya Toba tak terselamatkan karena terhanyut didanau dan Samosir di gunung (sekarang daerah itu namanya pulau samosir) sedangkan ibunya berubah menjadi ikan kembali.


2.  CERITA RAKYAT BAWANG MERAH BAWANG PUTIH


Di sebuah daerah, ada keluarga yang bahagia. Ayah, Ibu, dan putri mereka yang cantik dan baik hati bernama Bawang Putih. Sang Ibu yang sudah lama menderita sakit keras hingga meninggal dunia. Ayah dan Bawang Putih sangat bersedih hati, namun hidup harus terus berjalan. Semenjak Ibunya meninggal, Janda ini sering mendatangi rumah Bawang Putih dan mebawakan makanan serta menemaninya ketika Ayahnya pergi bekerja. Sang Ayah berpikiran kalau Bawang Putih butuh sosok Ibu dan Janda ini merupakan calon yang tepat. Mereka pun menikah dan sang Janda serta anaknya Bawang Merah tinggal satu rumah dengan Bawang Putih. Setelah menikah, sifat asli mereka mulai terlihat. Ketika sang Ayah pergi bekerja, mereka menyiksa Bawang Putih dan memaksanya mengerjakan seluruh pekerjaan rumah sementara mereka bersenang-senang.


3. CERITA RAKYAT LEGENDA SANGKURIANG


Dayang Sumbi memiliki seorang putra bernama Sangkuriang. Sangkuriang  memukul seekor hewan dog peliharaan ibunya yang bernama Tumang. Tumang ternyata adalah bapak Sangkuriang. Dayang Sumbi marah dan memukul kepala Sangkuriang. Sangkuriang pergi meninggalkan ibunya. Setelah berpuluh-puluh tahun kemudian, Sangkuriang bertemu Dayang Sumbi yang cantik jelita dan berniat menikahinya karena Dayang Sumbi masih muda. Dayang Sumbi mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya, maka ia menolaknya dan mengajukan syarat untuk membuatkan telaga dan perahu dalam semalam. Karena kegagalannya, Sangkuriang menendang perahunya sehingga menjelma menjadi Gunung Tangkuban Perahu


4. CERITA LEGENDA INDONESIA – TIMUN MAS


Timun mas adalah anak yang ajaib karena ia berasal timun berwarna keemasan. Saat dewasa, ada seorang raksasa yang akan memakanya. Sebelum kejadian itu timun mas sudah dikabari oleh ibunya. Ia telah dibekali beberapa bibit tanaman, dimana bibit ini dapat memberi kekuatan yang dahsyat. Saat kejadian tersebut tiba pada dirinya, timun mas berlari, sambil melempar satu persatu bibit ajaib tersebut hingga akhirnya sang raksasa meninggal. Lalu timun mas dan ibunya pun hidup damai.


5. CERITA RAKYAT MALIN KUNDANG


Suatu hari, hiduplah seorang ibu dengan anaknya bernama Malin Kundang. Suatu hari mereka tinggal di gubuk tua dan ketika dewasa, ia  pergi merantau dari desa ke kota lalu menikahi seorang wanita kaya raya. Saat balik ke desa, Malin Kundang berjumpa dengan ibunya, namun ia tidak mengakui bahwa itu ibunya sehingga ia mengutuknya menjadi batu yang bisa kita lihat di pantai air manis