Dampak positif multirateral di bidang ekonomi

Posted on

Dampak positif multirateral di bidang
ekonomi

Jawaban:

). Menarik Investasi

Kerjasama ekonomi antarnegara dapat dijadikan sebagai forum untuk mempromosikan potensi ekonomi Indonesia. Hal ini sangat menguntungkan bagi indonesia karena forum tersebut dapat dijadikan ajang untuk menarik investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Banyak potensi ekonomi yang dimiliki oleh negara Indonesia seperti kerajinan mebel, ukir, batik, atau potensi sumber daya alam yang banyak belum dikelola secara maksimal. Diperlukan modal agar potensi tersebut dapat dikembangkan Jika para investor asing banyak yang tertarik dengan potensi ekonomi yang dimiliki Indonesia dan menanamkan modalnya, pengembangan potensipotensi ekonomi tersebut dapat dilaksanakan.

2). Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Kerja sama ekonomi antarnegara mendorong masuknya modal dan investor asing ke Indonesia sehingga memperluas kegiatan produksi dalam negeri. Kegiatan produksi ini tentu membutuhkan tenaga kerja. Hal ini membuat terciptanya lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran.

3). Peningkatan Kualitas Produk dalam Negeri

Hubungan kerjasama ekonomi internasional memberikan peluang dan tantangan bagi produsen untuk bersaing di pasar regional maupun internasional. Persaingan itu memacu produsen untuk benar-benar memperhatikan kualitas produk yang dipasarkan sesuai dengan standar internasional. Hal ini dimaksudkan supaya produk dalam negeri dapat bersaing dengan produkproduk negara maju. Apabila produk yang dihasilkan mampu bersaing, hal itu akan mempermudah pemasarannya.

4). Mengurangi Hambatan Perdagangan Internasional

Melalui kerja sama ekonomi, baik regional maupun internasional, diharapkan tercapai kesepakatan-kesepakatan yang dapat mengatasi hambatan-hambatan dalam perdagangan seperti pembebasan tarif bea masuk, pajak, dan kuota barang. hal ini dapat memperlancar kegiatan ekspor dan menciptakan perdagangan yang saling menguntungkan. Dengan demikian, perdagangan dalam negeri akan makin baik dan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia.

5). Meningkatkan Kesejahteraan dan Kemakmuran Masyarakat

Kerja sama ekonomi antarnegara menciptakan perluasan daerah pemasaran di luar negeri sehingga ekspor akan meningkat. Peningkatan ekspor dapat menghidupkan perekonomian dalam negeri karena produkproduk dalam negeri terjual di luar negeri. Akibatnya, usaha atau perusahaan dalam negeri dapat berkembang dengan baik dan mendatangkan kemakmuran bagi masyarakat.