1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan penduduk!

Posted on

2. Tuliskan 5 negara angota ASEAN beserta ibu kotanya!
3. Tuliskan 3 faktor intern terjadinya perubahan sosial budaya!
4. Tuliskan 2 dampak positif dan dampak negatif modernisasi!
5. Coba ananda jelaskan apa itu pola hidup konsumtif!
Mohon di jawab yang benar ya 🙂

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan penduduk!

Jawaban:

1. Penduduk adalah semua orang yang berdomisili di wilayah geografis Republik Indonesia selama 6 bulan atau lebih dan atau mereka yang berdomisili kurang dari 6 bulan tetapi bertujuan untuk menetap.

2.Indonesia dengan Ibukotanya Jakarta.

Malaysia dengan Ibukotanya Kuala Lumpur.

Singapura dengan Ibukotanya Singapura.

Brunei Darusalam dengan Ibukotanya Bandar seri Begawan.

Thailand dengan Ibukotanya Bangkok.

Filipina dengan Ibukotanya Manila.

3. Perubahan jumlah penduduk. Penduduk yang semalin banyak atau semakin sedikit sudah pasti akan memunculkan pola pemikiran baru yang bisa memicu perubahan sosial budaya

Penemuan baru. Penemuan baru akan merubah cara berfikir masyarakat itu dan kemudian akan merubah sosial budaya masyarakat itu juga. Contohnya ketika ditemukan sebuah cara untuk membajak sawah yang baru maka akan berubah juga budaya penggunaan peralatannya

Konflik. Perbedaan cara berfikir dan kepentingan akan memunculkan perbedaan pendapat yang bisa memicu terjadinya konflik. Konflik yang muncul ini akan berpengaruh terhadap kebiasaan masyarakat setempat

Pemberontakan. Perbedaan pemikiran dan kepentingan bisa jadi memunculkan karakteristik masyarakat yang berbeda-beda yang kemudian ada yang berani memunculkan konflik yang akhirnya berujung pemberontakan. Pemberontakan akan merubah cara berfikir masyarakat yang kemudian merubah sosial budayanya

4.  Dampak positif modernisasi:

Memberikan kemudahan hidup  

Dengan modernisasi kita bisa menikmati kemudahan dalam transportasi dengan adanya kendaraan bermotor, kemudahan dalam memasak dengan berbagai alat elektronik dan kemudahan telekomunikasi dan hiburan dengan adanya teknologi informasi.

Teratasinya berbagai macam penyakit  

Modernisasi menghasilkan teknologi kesehatan seperti vaksin dan antibiotik yang membantu mengatasi berbagai penyakit seperti, cacar, polio dan TBC. Diatasinya penyakit ini berdampak pada meningkatnya angka harapan hidup dan kualitas hidup manisa di masa sekarang.

Meningkatnya produksi makanan  

Modernisasi menghasilkan pupukuntuk meningkatkan kesuburan tanah dan pestisida untuk pembasmi hama seperti serangga dan jamur. Meningkatnya produksi makanan dengan penerapan teknologi ini disebut Revolusi Hijau. Modernisasi berperan meningkatkan jumlah hasil produksi makanan pokok seperti gandum dan padi, sehingga meningkatkan pula jumlah penduduk di dunia.

Terbukanya berbagai lapangan kerja baru

Jenis pekerjaan baru di Industri seperti perakitan elektornik dan kendaraan bermotor, serta pengolahan makanan kalengan tidak mungkin ada tanpa modernisasi.

Dampak negatif modernisasi:

Rusaknya alam akibat pencemaran

Jumlah penduduk yang meningkat membuat tekanan terhadap lingkungan hidup meningkat. Akibatnya semakin banyak wilayah hutan dan pepohonan yang dibabat untuk lahan pertanian dan perkebunan. Semakin banyak kendaraan bermotor juga meningkatkan polusi berupa gas karbon dioksida dan gas berbahaya lain di udara.

Timbulnya masalah kesehatan baru

Banyaknya polusi dan limbah pabrik membuat munculnya penyakit baru seperti kanker. Makanan cepat saji dan penuh pengawet juga mengakibatkan penyakit seperti hipertensi dan diabetes.

Terkikisnya nilai budaya lokal

Dengan mudahnya komunikasi karrena moderniasai, nilai budaya lokal semakin terkikis oleh budaya Barat yang dominan. Misalnya adalah meningkatnya individualisme dan pergaulan bebas di wilayah perkotaan. Contoh lain adalah mulai dilupakannya bahasa lokal akibat digerus oleh pengaruh bahasa asing.

5. Pola hidup konsumtif merupakan keinginan untuk mengkonsumsi barang-barang yang kurang diperlukan secara berlebihan hanya untuk mencari sisi kepuasan. Bisa jadi individu tersebut melakukannya karena mengikuti tren.

Penjelasan:

Jawaban:

1.

Penduduk adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan orang asing yang bertempat tinggal di wilayah Indonesia dan telah menetap/berniat menetap selama minimal 1 tahun.

2.

  • Indonesia : Jakarta.
  • Singapura : Singapura.
  • Thailand : Bangkok.
  • Filipina : Manila.
  • Malaysia : Kuala Lumpur.

3

  • Bertambah dan berkurangnya penduduk.
  • Adanya penemuan – penemuan baru (Inovasi)
  • Pertentangan – pertentangan dalam masyarakat.
  • Terjadinya pemberontakan atau revolusi di masyarakat.

4.Dampak positif modernisasi:

1. Memberikan kemudahan hidup

2. Teratasinya berbagai macam penyakit

Dampak negatif modernisasi:

1. Rusaknya alam akibat pencemaran

2. Timbulnya masalah kesehatan baru

5. Pola hidup konsumtif merupakan keinginan untuk mengkonsumsi barang-barang yang kurang diperlukan secara berlebihan hanya untuk mencari sisi kepuasan.31

Penjelasan:

jadikan jawaban terbaik+ follow:)