Tolong bantu bagi yang tahu. yang tidak tahu tidak usah dijawab, daripada nanti salah. terimakasih :D

Posted on

soal terlampir (maaf kalau kurang jelas)
tolong jangan direport.. ini tugas

ok, terimakasih​

Tolong bantu bagi yang tahu. yang tidak tahu tidak usah dijawab, daripada nanti salah. terimakasih :D

Tolong bantu bagi yang tahu. yang tidak tahu tidak usah dijawab, daripada nanti salah. terimakasih 😀

Jawaban:

Sebelum menjawab pertanyaan di atas,mari kita bahas Apa itu kalimat utama suatu paragraf?

Kalimat utama adalah kalimat yang memuat ide pokok atau gagasan utama yang digunakan sebagai acuan pengembangan sebuah paragraf.

langsung ke teks nya

Teks 1.Bermain musik ternyata tak harus berbekal alat-alat musik buatan pabrik dengan harga tinggi. Para pelajar di kelompok musik Cycle Organolog, misalnya. Mereka tampil unik dengan memainkan alat-alat musik yang dibuat dari barang-barang bekas atau yang ditemukan di sekitar rumah, di antaranya kaleng plastik bekas cat, piring makan dari seng, kotak kayu, dan suling dari paralon. Cycle Organolog tampil dalam acara festival perkusi atau musik ketuk di halaman Pasar Windujenar. Ngarsopuro, Kota Solo, Jawa Tengah, pada hari Minggu, 27 Desember. Sembilan grup musik lain juga tampil dalam acara ini Festival perkusi Solo tersebut digelar untuk memperkenalkan kawasan Ngarsopuro sebagai tujuan wisata baru di Kota Solo.

Kalimat utamanya(Bermain musik ternyata tak harus berbekal alat-alat musik buatan pabrik dengan harga tinggi.)

Teks 2.Ketika mendaur ulang barang bekas seperti halnya sekarang ini, kita dituntut untuk kreatif agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih. Kekreativitasan seseorang dengan lainnya berbeda. Untuk itu, dalam hal inilah kesempatan kita untuk menunjukkan kelebihan yang kita miliki. Misalnya membuat bingkai foto dari kardus bekas, Kita juga dapat menambahkan kreasi lainnya agar bingkai foto terlihat lebih menarik, seperti menambahkan pernak pernik pada setiap sisi bingkai atau menambahkan bunga ukuran kecil pada setiap sudut-sudut bingkai tersebut.

Kalimat Utamanya(mendaur ulang barang bekas seperti halnya sekarang ini, kita dituntut untuk kreatif agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih.)

Gambar Jawaban