Berapakah volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru?

Posted on

A. 500 mL
B. 1.000 mL
C. 1.500 mL
D. 2.000 mL

Berapakah volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru?

Jawaban Terkonfirmasi

 Pulmologi, Fisiologi, Organologi

Volume udara residu berjumlah 1000 L. Dengan udara komplementer dan suplementer berjumlah 3000 L ditambah udara tidal berjumlah 500 L.

Jadi, jawabannya yang

(B)

Jawaban:

B. 1.000 mL

Penjelasan:

Setelah kamu telah mengetahui bahwa volume udara yang digunakan dalam proses pernapasan ada beberapa macam sebagai berikut.

a. Volume tidal, yaitu volume udara yang keluar masuk paru-paru saat tubuh melakukan inspirasi atau ekspirasi bisa (normal), volumenya sekitar 500 mL.

b Volume cadangan ekspirasi, merupakan volume udara yang masih dapat dikeluarkan secara maksimal dari paru-paru setelah melakukan ekpirasi biasa. Volume cadangan ekspirasi sekitar 1.500 mL

c. volume cadangan inspirasi, yaitu volume udara yang masih dapat dimasukkan ke dalam paru-paru setelah melakukan inspirasi secara biasa. Volume cadangan inspirasi sekitar 1.500 mL

d.Volume residu, yaitu volume udara yang masih tersisa di dalam paru-paru meskipun telah melakukan ekspirasi secara maksimal volumenya sekitar 10.000 mL

E. Kapasitas vital paru-paru, yaitu total dari volumr tidal + volume cadangan ekspirasi + volume cadangan inspirasi. Kapasitas Vital paru-paru sekitar 3.500 mL.

F. Kapasitas total paru-paru, yaitu volume udara yang dapat ditampung secara maksimal dalam paru-paru. Volume Kapasitas total paru-paru yaitu volume kapasitas vital paru-paru + volume residu, volumenya sekitar 4.500 mL.

______________________________

Mapel : BIOLOGI

Materi : Volume pernapasan