Jelaskan Proses Produksi dan Pengendalian Produk Manufaktur ?

Posted on

Jelaskan Proses Produksi dan Pengendalian Produk Manufaktur ?

Jawaban Terkonfirmasi

Proses produksi manufaktur merupakan proses mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi sehingga memiliki nilai tambah untuk dijual. Dalam membuat atau menghasilkan produk bisa menggunakan tangan manusia ataupun dengan mesin. Pengendalian produk manufaktur merupakan kegiatan menetapkan kemampuan sumber-sumber produksi yang digunakan dalam memenuhi rencana, kemampuan produksi berjalan sesuai rencana dalam menghasilkan produk yang diinginkan, mulai dari kualitas bahan baku, proses pembuatan produk, packing, quality control, sterilisasi dan sebagainya.

Pembahasan

Kegiatan manufaktur merupakan kegiatan mengolah bahan baku atau bahan mentah menjadi bahan jadi yang bisa dikonsumsi atau digunaka oleh pelanggan melalui proses produksi yang panjang. Dalam proses produksi terdapat beberapa tahapan diantaranya :

a. Routing. Merupakan proses menentukan urutan kegiatan proses produksi.

b. Schedulling. Merupakan proses menetapkan dan menentukan jadwal produksi.

c. Dispatching. Merupakan proses menentukan dan menetapkan proses pemberian perintah.

d. Follow Up. Merupakan proses mendorong terkoordinasinya perencanaan proses produksi.

Tujuan dari proses produksi adalah meningkatkan nilai tambah atau value product, meningkatkan kemakmuran, meningkatkan keuntungan, memenuhi pasar internasional, mengganti barang yang aus rusak barang yang telah habis.  

Proses produksi dibagi menjadi 2 jenis yaitu Intermitten process dan Continuous Process. Intermitten Process merupakan produksi terus menerus. Ciri-cirinya adalah terdapat urutan yang pasti dari bahan baku hinga menjadi produk akhir, produksi dengan jumlah relatif besar, variasi produk sedikit, mesin-mesin bersifat khusus untuk menghasilkan produk tertentu, pengaruh operator kecil, tidak memerlukan banyak karyawan, apabila ada kemacetan pada salah satu bagian mengakibatkan kemacetan total, memerlukan ahli perawatan yang baik. Continuous Process adalah proses produksi terputus-putus. Ciri-cirinya adalah berproduksi atas pesanan, penyusunan fasilitas produksi berdasarkan fungsinya, menghasilkan produk lebih sedikit namun variasi jenis produk banyak, bersifat general purpose machine, pengaruh karyawan lebih besar, tak akan menyebabkan kemacetan total apabila terjadi kemacetan pada suatu bagian, perlu bahan mentah yang tinggi, diperlukan ruangan yang cukup besar.

Pelajari lebih lanjut  

1. Materi tentang pemasaran produk brainly.co.id/tugas/7687216

—————————–

 

Detil jawaban

Kelas: XI SMA  

Mapel: Ekonomi

Bab: Proses Produksi dan Pengendalian Produk  

Kode:

Kata Kunci: Produksi, Pengendalian, Manufaktur
, Produk