Apa nama pelabuhan yang ada di provinsi bengkulu

Posted on

Apa nama pelabuhan yang ada di provinsi bengkulu

Jawaban Terkonfirmasi

Nama pelabuhan yang terdapat di Provinsi Bengkulu :

  1. Pelabuhan Pulau Baai
  2. Pelabuhan Pulau Linau

Pembahasan

Pelabuhan merupakan tempat yang digunakan sebagai tempat bersandar kapal-kapal. Pelabuhan juga menjadi tempat sebagai penghubung antar wilayah dari jalur laut. Pelabuhan saat ini dimanfaatkan dalam mengantarkan barang, penyeberangan dan penerimaan wisatawan.

  • Pelabuhan Pulau Baai

Pelabuhan Pulau Baai merupakan pelabuhan yang terletak di Provinsi Bengkulu yang berjarak sekitar 20 km dari ibu kota Bengkulu. Pelabuhan Pulau Baai menjadi pelabuhan pertama di provinsi Bengkulu. Pelabuhan ini awalnya merupakan pelabuhan yang bergerak dalam bidang perikanan dan pelayaran kecil. Namun, pelabuhan tersebut sedang terus ditingkatkan supaya dapat menjadi pelabuhan internasional.

Pelabuhan Pulau Baai sendiri baru saja selesai melakukan renovasi dengan adanya pengerukan disana. Tepatnya sejak September 2019 pelabuhan ini telah mampu menampung berbagai kapal berukuran besar. Pelabuhan ini juga saat ini telah difungsikan dalam penerimaan wisatawan dan penyeberangan.

  • Pelabuhan Pulau Linau

Pelabuhan Pulau Linau terletak di Bintuhan, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Pelabuhan Pulau Linau merupakan pelabuhan yang baru saja dibangun sekitar tahun 2018 lalu. Pelabuhan ini bergerak di sektor perikanan, pelayaran, pengangkutan barang dan pengangkutan orang.

Tepat pada 26 April 2018 pelabuhan ini telah di uji coba dan diresmikan sebagai pelabuhan baru di provinsi Bengkulu. Dengan terjadinya hal tersebut, maka pelabuhan ini menjadi pelabuhan termuda di Bengkulu. Pelabuhan ini sendiri memiliki luas sebesar 18 hektare.

Pelabuhan Pulau Linau diresmikan langsung oleh Bupati Bengkulu yang diikuti oleh beberapa pejabat di sana. Pelabuhan ini merupakan salah satu cara pemerintah mempersiapkan adanya perkembangan pesat pada ekonomi maritim atau ekonomi kelautan.

Pelabuhan ini juga direncanakan sebagai salah satu bentuk perluasan transportasi laut di Bengkulu. Pelabuhan Pulau Linau juga terus ditingkatkan agar dapat menjadi pelabuhan internasional dan dapat mengikuti pelabuhan Pulau Baai.

=======================================================

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Beberapa daerah pantai yang menjadi pelabuhan : brainly.co.id/tugas/23593890
  2. Nama-nama pelabuhan yang ada di Provinsi Bali : brainly.co.id/tugas/17491486
  3. Sebutkan persyaratan perlengkapan pelabuhan : brainly.co.id/tugas/18088097

Detail Jawaban

  • Mapel : IPS
  • Kelas : IX
  • Bab : Bab 14 – Internasional dan Peran Indonesia dalam Dunia Internasional
  • Kode Kategorisasi : 9.10.14
  • Kata Kunci : Pelabuhan Indonesia, Pelabuhan di Bengkulu

=======================================================

#TingkatkanPerstasimu

boxed {boxed {bold {Learn: with: Attaembul}}}