Apa arti kaTa LEBAY???

Posted on

Apa arti kaTa LEBAY???

Jawaban Terkonfirmasi

Kata tidak baku adalah suatu kosakata yang ejaan dan pelafalannya tidak sesuai dengan PUEBI dan KBBI. Arti kata lebay adalah berlebihan, maksudnya yaitu suatu kata yang ditujukan kepada seseorang yang melakukan segala sesuatu secara berlebihan baik dalam hal penampilan, berbicara, dan bersikap.

Pembahasan:

Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Oleh karena itu, antara manusia yang satu dengan lainnya akan bekerja sama dan berkomunikasi. Berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari biasanya menggunakan kata-kata yang tidak baku. Secara umum, macam-macam kata terdiri atas:

  • Kata baku adalah suatu kosakata yang ejaan dan pelafalannya sudah sesuai dengan PUEBI dan KBBI. Contoh kata baku yaitu apotek dan praktik.
  • Kata tidak baku adalah suatu kosakata yang ejaan dan pelafalannya tidak sesuai dengan PUEBI dan KBBI. Contoh kata tidak baku yaitu apotik dan praktek.

Selain itu, terdapat bahasa gaul yang biasanya digunakan oleh anak-anak remaja saat berkomunikasi. Bahasa gaul adalah suatu bahasa yang digunakan oleh para remaja sekarang ini untuk berkomunikasi secara tidak formal. Salah satu contoh bahasa gaul yaitu lebay. Arti kata lebay adalah berlebihan, maksudnya yaitu suatu kata yang ditujukan kepada seseorang yang melakukan segala sesuatu secara berlebihan baik dalam hal penampilan, berbicara, dan bersikap.

Pelajari lebih lanjut

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Ragam Bahasa

Kode: 8.1.2

#AyoBelajar

#SPJ2