Apa alasan bangsa arab menyembah berhala?

Posted on

Apa alasan bangsa arab menyembah berhala?

Jawaban Terkonfirmasi

Kelas: X
Mata Pelajaran: Sejarah
Materi: Sejarah Kebudayaan
Kata Kunci: Latta, Uzza, Manat.

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Alasan bangsa Arab menyembah berhala adalah karena irang Arab percaya bahwa berhala ini dapat menjadi perantara dalam doa mereka kepada Allah dan dapat membantu mengabulkan permintaan mereka.

Jawaban panjang:

Bangsa Arab sebelum menyebarnya ajaran Islam menganut sistem kepercayaan politheisme. Artinya bangsa Arab percaya adan mrmyenmbah banyak dewa-dewa atau malaikat.

Ada ratusan dewa yang disembah, yang mana berhala ini ditempatkan di dalam Kabah. Namun ada tiga dewa utama bagi orang Arab pada masa Jahiliyah yaitu:
– Latta: memiliki kuil di kota Taif
– Al-Uzza: memiliki kuil di Nakhla
– Manah: memiliki kuil di Qudayd,

Penyembahan ini dilandasi kepercayaan bahwa ketiga dewa inu adalah anak perempuan dari Allah, yang dapat dimintai bantuannya, dapat dimintai pertolongan dan perlindungan.

Ketika seseorang ingin bepergian, misalnya hendak berniaga, mereka memberi sesaji ke berhala ini dan meminta pertolongan agar perjalanan mereka berhasil. Mereka membuat janji bila perjalanan itu berhasil mereka akan memberikan sesajian sebagai rasa syukur mereka.

Ketiga berhala ini dipercaya dapat membantu menyampaikan permohonan doa kepada Allah. Sehingga ketika orang Arab berdoa mereka berdoa, tidak langsung kepada Allah tetapi dengan meminta bantuan ketiga berhala ini.

Setelah Nabi Muhammad menerima wahyu, dia mengajarkan bahwa kepercayaan ini salah, bahwa Allah tidak memiliki anak perempuan, dan bahwa dalam berdoa tidak seharusnya menggunakan berhala sebagai perantara. Melainkan Allah adalah satu-satunya tuhan dan manusia harus meminta pertolongan langsung kepadanya. Ajaran ini misalnya tertuang dalam surat Al Ikhlas.