Apa saja jenis gas yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor?

Posted on

Apa saja jenis gas yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor?

Jawaban:

diketahui bahwa dalam gas buangan kendaraan bermotor terdapat berbagai komponen yang berbahaya bagi tubuh manusia. Diantaranya gas CO (karbon monoksida), Timbal (Pb), Gas Karbondioksida (CO2), serta kabut karbon.

=> Gas CO2

Emisi kendaraan bermotor menyebabkan konsenttrasi CO2 di atmosfer meningkat drastis hingga malampaui kemampuan tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya. Dalam keadaan normal, energi sinar matahari yang masuk ke bumi dipantulkan kembali ke angkasa dalam bentuk radiasi inframerah. Karena konsentrasi CO2 saat ini begitu besar di atmosfer sehingga pantulan inframerah tersebut di radiasikan kembali ke bumi. Efeknya, terjadi peningkatan suhu bumi secara global yang memicu terjadinya efek rumah kaca yang kini menjadi isu utama di dunia yaitu Global Warming.

=> Kabut Karbon

Emisi kendaraan bermotor turut pula menhasilkan kabut karbon. Kabut karbon terbentuk dari hasil pembakaran yang tak sempurna. Kabut karbon juga berperan dalam memunculkan efek negatif pada tubuh manusia, antara lain kanker. Selain itu, kabut karbon bersifat induser (pemicu pertumbuhan sel tumor).