Maksud dari n HAM dalam konstitusi NKRI tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang secara eksplisit dapat terbaca dengan jelas

Posted on

Maksud dari n HAM dalam konstitusi NKRI tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang secara eksplisit dapat terbaca dengan jelas

Jawaban:

A. Definisi Hak Asasi Manusia (HAM)

HAM adalah suatu atau sekumpulan hak yang telah menjadi kodrat tiap manusia dan dimiliki oleh semua manusia sejak lahir sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa tanpa memandang suku, agama, ras, budaya, dll. HAM wajib dihargai, dihormati dan dijunjung tinggi oleh semua orang.

B. HAM dalam UUD 1945

Pernyataan HAM dalam UUD 1945 ada di pembukaan UUD 1945 alinea ke-1 yang berbunyi, "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan". Terdapat arti penting dalam alinea ini yakni:

  • pengakuan dan dukungan Indonesia terhadap HAM yang wajib dijunjung tinggi.
  • pernyataan dan dukungan Indonesia dalam menentang penjajahan dan imperialisme

Hak asasi manusia adalah sebuah konsep hukum dan normatif yang menyatakan bahwa manusia memiliki hak yang melekat pada dirinya karena ia adalah seorang manusia.

Hak asasi manusia berlaku kapan saja, di mana saja, dan kepada siapa saja, sehingga sifatnya universal. HAM pada prinsipnya tidak dapat dicabut.