Bagaimana bentuk kasih sayang Nabi Muhammad saw terhadap anak anak ?​

Posted on

Bagaimana bentuk kasih sayang Nabi Muhammad saw terhadap anak anak ?​

Jawaban:

Rasulullah Muhammad Saw bukan cuma dikenal sebagai pemimpin yang tegas dan disegani, tapi juga, sosok yang amat lembut Dan penyayang terhadap anak-anak.

Usamah Zaid berkata, “Dahulu Rasulullah Saw pernah memangkuku dan Hasan bin Ali, beliau lalu berdoa ‘Ya Allah sesungguhnya aku mencintai mereka berdua, maka cintailah keduanya.’ (HR. Bukhari)

Tidak hanya penuh cinta dan sayang, Rasulullah Saw juga tak pernah minder bermain dan bercanda dengan anak-anak.

Sekali waktu, Rasulullah Saw keluar bersama para sahabat untuk memenuhi undangan makan.

Ketika di tengah perjalanan melihat Husain sedang bermain bersama kawan-kawannya, Rasulullah Saw pun segera mendahului para sahabat sambil membentangkan kedua tangannya.

Mengetahui keberadaan kakeknya, Husain malah berlarian ke sana ke mari hingga membuat Nabi Saw tertawa.

Meskipun demikian, Rasulullah Saw berhasil menangkap dan menggendong Husain. Beliau lalu meletakkan salah satu tangannya di bawah dagu Husain dan satu tangan lagi ditempatkan di atas kepala cucu kecilnya itu.

Nabi pun menciumnya seraya berkata, "Husain adalah bagian dariku dan aku bagian darinya. Allah akan mencintai orang yang mencintai Husain. Husain adalah umat dari beberapa umat." (HR. Ibnu Majah)

Jawaban:

Banyak kisah yang menggambarkan besarnya kecintaan beliau kepada anak-anak. Suatu hari, Rasulullah harus memendekkan bacaan shalatnya ketika mendengar anak menangis. Nabi SAW juga pernah mengangkat anak yang jatuh di dekatnya ketika sedang khotbah.

Rasulullah pun selalu menghibur dan menggembirakan hati anak-anak. Bila datang seseorang membawa bingkisan berupa buah-buahan, maka yang pertama diberinya adalah anak-anak kecil yang kebetulan ada di majelis itu.

Penjelasan: