Keunikan tari piring

Posted on

Gerak:
Kostum:
Tata rias:
Panggung:
Musik pengiring

Tari zapin
Gerak
Musik pengiring
Tata rias
Properti
Panggung
Kostum

Tolong jawab kakak
Soalny mw d kumpul:)

Keunikan tari piring

tari piring

•gerak: tari ini menggunakan alat piring sebagai media penarinya. kemudian piring tersebut digerakkan dengan cepat dan di ayunkan tanpa terjatuh sama sekali dari genggaman para penarinya.

•kostum: baju karung yang digunakan terbuat dari kain satin dan beludru sebagai bahan dasar utama. Warna utama yang digunakan yaitu merah dan emas. Untuk melengkapi busana tarinya, para penari wanita menggunakan selendang dari kain songket

•tata rias: Rias tokoh, diperlukan untuk memberikan penjelasan pada tokoh yang diperankan seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, dan Sugriwa.

tari zapin

gerak: Keunikan Tari Zapin dari Aceh adalah gerakan kaki penari yang cepat mengikuti irama pukulan pada gendang yang disebut dengan marwas. Tari Zapin menggunakan pola lantai beragam (ada 20 pola lantai) yang ditarikan oleh 8 orang penari. … Tarian ini dipengaruhi oleh budaya Melayu yang berasal dari Johor, Melayu.

musik penggiring; Musik pengiringnya terdiri atas dua alat yang utama yaitu alat musik petik gambus dan tiga buah alat musik tabuh gendang kecil yang disebut marwas.

tata rias:Para penari Zapin dirias dedemikian rupa agar terlihat menarik, cantik dan tampan. Dalam hal tata busana, penari pria mengenakan pakaian adat Melayu yang terdiri dari atasan baju kurung, cekak musang, bawahan seluar, plekat, kopiah, songket dan bros.

properti: Properti tarinya adalah bunga telur. Tari Zapin yang berasal dari Aceh disebut dengan Tari Zapan Pekajang. Tarian ini dipengaruhi oleh budaya Melayu yang berasal dari Johor, Melayu

panggung:Sebelum tahun 1960-an, tarian ini hanya boleh dilakukan oleh penari pria secara berkelompok. Sebab pada masa itu terdapat larangan wanita tampil dimuka umum. Kemudian setelah mengalami perkembangan, tarian ini juga dilakukan oleh penari wanita serta terdapat beberapa versi.

kostum:Agar menampilkan performa terbaik, penari pria maupun wanita akan ditias sedemikian rupa. Sedangkan busana yang dikenakan oleh penari laki-laku adalah pakaian adat Melayu, meliputi baju kurung, cekak musang, plekat, kopiah, songket, bros, dan bawahan seluar.

jadikan jawaban ini yg terbaik(^.^)