Kapan voc didirikan dan dimana tempat

Posted on

Kapan voc didirikan dan dimana tempat

Jawaban Terkonfirmasi

VOC didirikan pada 20 Maret 1602 di Amsterdam, Belanda

Pembahasan:

VOC adalah kepanjangan dari Vereenigde Oost-Indische Compagnie (Perusahaan dagang Hindia Belanda.) Perusahaan ini didirikan pada tahun 1602 setelah suksesnya ekspedisi ke Indonesia oleh Cornelis De Houtman.

VOC didirikan pada 20 Maret 1602 di Amsterdam oleh para pedagang dan pemerintah Belanda, yang didorong oleh Johan van Oldenbarnevelt. VOC diberi wewenang oleh pemerintah Belanda untuk melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah dari Indonesia, yang mengakibatkan penjajahan Indonesia oleh Belanda.  

Pengelolaan utama VOC dilakukan oleh dewan direksi perusahaan yang disebut dengan Heeren XVII (Heeren Zeventien, “Dewan Tujuh Belas” atau “17 Tuan-Tuan”) yang beranggotakan 17 perwakilan pemilik saham di seluruh penjuru Belanda. Kota Amsterdam (provinsi Holland) sebagai pusat dan kota terbesar memiliki 8 perwakilan.

Perusahaan ini dibentuk untuk melakukan konsolidasi para pedagang Belanda agar bisa bersaing dengan pedagang Portugal, Spanyol dan Inggris.

Awalnya pusat kegiatan VOC adalah di Ambon, Maluku. Kota ini dekat dengan pusat perdagangan rempah-rempah di Maluku. Namun lokasinya terlalu jauh dari wilayah lain di Asia tempat Belanda berniaga. Akhirnya, Belanda menaklukkan kota Jayakarta dari Kesultanan Banten pada tahun 1619 dan mendirikan kota baru, Batavia, sebagai pusat kekuasaanya.

Oleh pemerintah Belanda, VOC diberi hak khusus (Hak oktroi) yaitu wewenang untuk:

1. Hak monopoli terhadap perdagangan rempah-rempah

2. Hak untuk mencetak mata uang sendiri

3. Memiliki pasukan, dan memiliki armada laut sendiri,

4. Membangun benteng dan gudang,

5. Dapat membuat perjanjian menyatakan perang dan damai dengan negara lain

Dengan hak oktroi ini, VOC melebarkan kekuasaannya dengan melakukan ekpansi dan monopoli perdagangan. Dalam hal ini VOC dianggap sebagai negara dalam negara, karena memiliki tentara sendiri, dan dapat melakukan perang dan perundingan dengan negara lain.

Pelajari lebih lanjut hak oktroi VOC di: brainly.co.id/tugas/6434802

Pelajari lebih lanjut dilakukan pemerintah Republik Bataaf untuk mempertahankan wilayah kekuasaan VOC di: brainly.co.id/tugas/5359758

Pelajari lebih lanjut faktor penyebab keruntuhan VOC di Indonesia di: brainly.co.id/tugas/379229

–––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––

Detail Jawaban:  

Kode: 11.3.1

Kelas: XI  

Mata pelajaran: Sejarah    

Materi: Bab 1 – Bangsa Eropa di Indonesia

#AyoBelajar