Sebutkan tokoh pribumi dan nama sekolah kebangsaan yag didirikannya

Posted on

Sebutkan tokoh pribumi dan nama sekolah kebangsaan yag didirikannya

Jawaban Terkonfirmasi

Tokoh pribumi yang mendirikan sekolah kebangsaan adalah Ki Hajar Dewantara mendirikan Taman Siswa, Danudirjo Setiabudi (Douwes Dekker) mendirikan Ksatrian School, dan Mohammad Syafei mendirikan INS Kayu Tanam.

Pembahasan

Berkembangnya pendidikan bergaya barat sebagai salah satu program dalam kebijakan politik etis ternyata masih mengandung diskriminasi sehingga penduduk pribumi dari kelas bawah masih kurang memiliki akses pendidikan dan pengajaran. Hal ini menyebabkan beberapa tokoh dari kaum terpelajar mendirikan sekolah bagi bangsa pribumi. Sekolah ini menanamkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat pribumi untuk mencetak generasi terpelajar yang sadar akan bangsanya, sehingga disebut sekolah kebangsaan. Tokoh terpelajar dan sekolah kebangsaan yang didirikannya adalah:

  1. Ki Hajar Dewantara atau Suwardi Suryaningrat, mendirikan Taman Siswa pada tanggal 3 Juli 1922 untuk menggembleng dan mendidik generasi muda serta menanamkan semangat anti penjajahan dan rasa cinta tanah air. Tiga semboyannya yang terkenal adalah Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani.
  2. Danudirjo Setyabudi atau Duuwes Dekker, mendirikan Ksatrian School di Bandung pada tahun 1924 dengan tujuan memberi kesempatan belajar yang lebih luas dan baik kepada anak-anak pribumi.
  3. Mohammad Syafei, mendirikan INS Kayu Tanam pada tanggal 31 Oktober 1926 untuk mendidik dan menanamkan kemandirian dan semangat kerja.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang latar belakang berdirinya INS Kayu Tanam. brainly.co.id/tugas/14490067
  2. Materi tentang tujuan pendirian Taman Siswa. brainly.co.id/tugas/1538910
  3. Materi Tentang Ksatrian School. brainly.co.id/tugas/8492372

—————————–

Detil Jawaban

Kelas : 11 SMA

Mapel : Sejarah

Bab : Perjuangan Nasional di Indonesia

Kode : 11.3.3

Kata Kunci: pribumi, sekolah kebangsaan